Kunker ke Batam, Syahrizal MZ Paparkan Empat Tugas FPK Langkat

431
Ketua FPK Langkat Drs Syahrizal MZ menyerahkan cenderamata kepada Ketua Harian FPK Batam, Makmur

garudaonline-Batam | Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Langkat melakukan kunjungan kerja ke FPK Kota Batam di kantor Kesbangpol Batam, Rabu (16/6/2021).

Ketua FPK Langkat Drs Syahrizal MZ pada pertemuan itu menyampaikan kepada Pimpinan FPK Kota Batam, terdapat empat tugas utama FPK Kabupaten Langkat.

Pertama, menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan. Kedua, menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.

“Ketiga, menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan dalam rangka Penguatan organisasi dan Merawat Kebhinnekaan dan Pembauran Kebangsaan.

Keempat, merumuskan rekomendasi kepada Bupati Langkat sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

“Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di daerah,” jelas Syahrizal.

Syahrizal menyebutkan, tugas FPK Langkat dirumuskan lewat 10 Program Kerja. Yakni pengembangan organisasi, peningkatan ideologi kebangsaan, pengembangan nilai sosial antar etnis.

Pendidikan nilai-nilai kebangsaan, peningkatan pemahaman adat istiadat dan kearifan lokal, penyebarluasan pembauran kebangsaan, serta peningkatan sarana dan prasarana kegiatan pembauran.

Sebelumnya, Ketua FPK Batam Muhammad Rudi yang saat ini menjadi Wali Kota Batam melalui ketua harian FPK Batam, Makmur atas nama ketua FPK Batam mengucapkan terima kasih, karena Batam dijadikan pilihan untuk kunjungan kerja sekaligus berbagi program.

“Diharapkan, pertemuan silaturahmi ini bisa menjadi masukkan dan program FPK dapat kita terapkan di daerah masing-masing,” kata Makmur.

Pertemuan diakhiri dengan pemberian cenderamata dari FPK Langkat untuk FPK Batam dan cenderamata dari Kesbangpol Langkat untuk Kesbangpol Kota Batam.

Sementara itu, Kakan Kesbangpol Langkat Faisal Badawi menyampaikan selayang pandang Kabupaten Langkat, yang memiliki 23 kecamatan berbatasan langsung dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Masyarakat Langkat dihuni tiga belas etnis yang tersebar di wilayah Langkat Hulu, Langkat Hilir dan Teluk Aru. Sedangkan geografis Langkat terdiri atas dataran tinggi dan perairan.

Sebagai tanah Melayu, Langkat disebut juga Negeri Bertuah. “Langkat punya semboyan Bersatu Sekata Berpadu Berjaya”.

Kunjungan kerja FPK Langkat terdiri dari Ketua FPK Drs Syahrizal MZ, Sekretaris Khairuddin sekretaris, disertai anggota Heri Widiyanto dan M Ja’far.

Turut mendampingi Kakan Kesbangpol Faisal Badawi, Staf khusus Bupati Langkat Sedar Sembiring SH, Kasi Eksosbang Sri Antarita dan staf Puan Meirina Matondang.

Kunjungan kerja FPK Langkat disambut Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam Riama Manurung SH MH, dan Ketua Harian FPK Batam Makmur beserta staf.(SLM)

Berita sebelumyaZahir : Melestarikan Tanaman Mangrove Sebagai Bentuk Restorasi Ekosistem
Berita berikutnyaEdi Bahagia Sinuraya : Polisi Harus Tangkap Pelaku Perusakan Portal Pasar X