Pemkab Asahan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan ‘GEMARIKAN’

554
Ketua TP PKK Asahan Ht Titiek Sugiharti Surya menyosialisasikan manfaat makan ikan. (garudaonline/ Hamdan Rangkuti)

garudaonline-Kisaran | Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Hj Titiek Sugiharti Surya menjelaskan, ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak manfaatnya.

Menurut Hj Titiek Sugiharti, kandungan nutrisi yang terdapat pada sepotong ikan memang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu kandungan penting sangat bermanfaat saat makan ikan adalah omega 3. Tak hanya banyak manfaatnya, ikan juga banyak jenisnya sehingga enak untuk dikonsumsi.

Manfaat makan ikan adalah kandungan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak, tulang, dan mencegah risiko penyakit kronis.

Hal ini akan membuat kondisi tubuh tetap prima serta meningkatkan kekuatan tubuh dari berbagai penyakit terutama Covid-19,” ujarnya pada sosialisasi GEMARIKAN di Kantor Desa Asahan Mati Kec. Tanjungbalai, Rabu (23/6/2021).

Di samping itu, kata Ketua TP PKK, sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Asahan untuk mengatasi masalah stunting.

Seperti diketahui, stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis disebabkan kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu cukup lama, berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak.

Dia juga mengimbau kepada Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, pengurus TP PKK Kecamatan Tanjung Balai, agar di masa pandemi ini untuk berperan aktif mengikuti kegiatan Sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan.

Karena TP PKK memiliki peran penting dalam upaya pencegahan stunting. Kegiatan ini diharapkan kegiatan dapat memberikan manfaat positif meningkatkan tingkat konsumsi ikan dengan menyediakan produk olahan ikan disukai anak-anak dengan harga terjangkau.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Hazairin menyebutkan, tujuan sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya memasyarakatkan kebiasaan mengonsumsi ikan.

“Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga kesehatan tubuh serta sangat baik untuk pertumbuhan tubuh,” kata Hazairin.

Ditambahkan, pelaksanaan sosialisasi diikuti 60 peserta, terdiri dari 20 perwakilan tingkat TK, 20 usia keluarga muda dan 20 dari TP PKK Desa Asahan Mati. (Hans)

Berita sebelumyaJurnalis Binjai Aksi Damai Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Pers
Berita berikutnyaBupati Langkat : Mutasi dalam Tugas Membuat Lebih Cerdas