Kadisdik Ilyas Sitorus : Operator Sekolah Garda Terdepan PPDB Online

603
Usai memantau proses PPDB Online, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus memberikan keterangan kepada awak media

garudaonline-Batu Bara | Operator Sekolah (OPS) merupakan garda terdepan PPDB Online. Peran operator dalam PPDB daring sangat menentukan sukses tidaknya pelaksanaan PPDB online kita.

Hal itu ditekankan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus kepada awak media, usai mengamati proses PPDB Online di UPTD SMP Negeri 1 Dt Lima Pulu Kecamatan Dt Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Jumat (25/6/2021).

Alhamdulillah, kata Ilyas, perjalanan PPDB Online memasuki hari kelima ini semua proses umumnya berjalan dengan lancar.

“Pada level sekolah, saya melihat para operator mengoperasikan web PPDB online dengan baik karena mereka umumnya generasi melenial yang memahami IT dengan baik alias tidak gaptek,” ujarnya.

OPS adalah orang yang diberikan peran dan tugas sebagai tenaga teknis pada aplikasi PPDB daring di level sekolah untuk melakukan validasi dan memeriksa kesiapan data awal untuk aplikasi tingkat sekolah.

Kadang kala petugas operator ini membantu para orangtua/ wali yang masih membutuhkan bantuan dalam pemanfaatan Aplikasi PPDB Online ini.

Karenanya, operator sekolah merupakan garda terdepan dalam proses PPDB online untuk hadir melayani, membantu dan memberikan informasi kepada masyarakat pendaftar.

Selain itu, kecepatan kerja operator dapat memengaruhi jumlah peserta didik baru, karena setiap calon peserta didik baru boleh memilih lebih dari satu sekolah tujuan, makanya kecepatan memvalidasi calon siswa sangat mempengaruhui jumlah peserta didik baru.

Misal si A mendaftarkan dirinya sebagai calon peserta didik baru di UPTD X dan Y. Karena keterlambatan salah satu operator maka operator UPTD yang lebih dahulu memvalidasinya, menjadikan tervalidasi di UPTD tersebut.

“Walaupun belum jaminan menjadi peserta didik baru di UPTD tersebut karena masih memperhatikan beberapa hal yang dipersyaratkan,” terang Ilyas.

Kita adalah satu keluarga besar di bawah Tutwuri Handayani khususnya di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara. “Jadi, saya berharap kepada kita semua, khususnya operator agar terus menjaga kesehatan terlebih lagi di masa pandemi ini.

Ia menyebutkan, proses PPBD Tahun Pelajaran 2021/2022, atas dukungan Bupati Zahir, melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan PPDB Online yang sudah dimulai 21 Juni 2021 lalu.

Dengan tetap melaksanakan melalui empat jalur pendaftaran sebagaimana diatur dalam Permendikbud No 1/2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TK, SD, SMP, SMA dan SMK serta merujuk kepada SE Mendikbud RI No 3/ 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TP 2021/2022.

Kempat jalur tersebut adalah, jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/ wali dan juga prestasi (khusus SMP).

Jalur zonasi memiliki banyak manfaat seperti mendekatkan siswa dengan lingkungan sekolah, pemerataan akses pendidikan, kondisi kelas heterogen.

Peningkatan kapasitas guru, peningkatan SPM dan PPK, menghilangkan praktik jual-beli kursi dan pungli hingga menjadi alat ukur intervensi pemerintah pusat dan pemda.

Dukungan dan perhatian dari Kepala UPTD dan guru-guru sangat memengaruhi dan turut serta dalam memberhasilkan PPDB Online sebagaimana kita harapkan bersama.

Kadisdik Ilyas Sitorus juga melakukan hal yang sama di SMP Negeri 1 Lima Puluh bersama awak media dan terus memotivasi para operator sekolah.(UJ)

Berita sebelumyaSat Narkoba Polrestabes Surabaya Gagalkan Peredaran Sabu 20,5 Kg
Berita berikutnyaSambut Hari Jadi Bhayangkara, Polsek Kuala Baksos Satu Polisi Satu Keluarga