Pencalonannya Direspon Positif GM Immanuel Panggabean, Farianda Siap Pimpin PWI Sumut

785
GM Immanuel Panggabean merespon positif keinginan Farianda Putra Sinik mencalonkan diri memimpin PWI Sumut

garudaonline-Jakarta | Farianda Putra Sinik menegaskan, jika diberi kepercayaan oleh para anggota, dirinya siap memimpin PWI Sumut untuk lima tahun ke depan.

Pemred Harian Medan Pos ini menyatakan hal itu, saat terlibat diskusi santai tapi serius dengan Pemred Harian SIB Medan, GM Immanuel Panggabean di Jakarta, kemarin.

Farianda Putra Sinik menyampaikan apresiasi tinggi kepada seniornya GM Immanuel Panggabean, yang telah memberikan berbagai pemikiran cerdas dan bernas untuk kemajuan PWI Sumatera Utara.

Ini pertemuan luar biasa. Farianda merasa surprise, Immanuel Panggabean berkenan memberikan pemikiran-pemikiran positif untuk kemajuan pers di Sumatera Utara.

“Makasi Bangda Immanuel, saya akan laksanakan amanah ini. Semakin kuat tekad dan semangat saya untuk mencalonkan diri sebagai Ketua PWI Sumut,” tambah Farianda.

Haji Farianda menyatakan, dirinya melakukan perubahan-perubahan positif untuk kemajuan organisasi PWI Sumatera Utara ke depan.

“Ayah saya Ibrahim Sinik bagian tak terpisahkan dari PWI Sumut, dan sudah menjadi tekad saya untuk melanjutkan amanah beliau,” kata Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara ini.

Disebutkan, pihaknya akan menguatkan program peningkatan kualitas SDM para wartawan, perlindungan wartawan maupun peningkatan kesejahteraan wartawan sesuai diamanahkan PD/PRT PWI.

Program sertifikasi wartawan yang dicanangkan Dewan Pers, kata Farianda, juga harus terus dilakukan guna mengukur kompetensi anggota.

“Namun pembekalan kepada wartawan melalui Diklat pun harus dilakukan secara berkesinambungan agar para wartawan khususnya anggota PWI tetap dihargai saat melaksanakan tugas jurnalistik,” ujarnya sembari memohon dukungan semua anggota PWI Sumut dalam pencalonan dirinya nanti.

Sementara, GM Immanuel Panggabean merespon baik dan menyambut positif keinginan Farianda Putra Sinik, yang siap memimpin PWI Sumatera Utara.

“Anda (Farianda-red) harus mampu meningkatkan kualitas SDM wartawan, yang harus diarahkan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan regulasi aturan pers lainnya,” harapnya.

Pada bahagian lain dikatakannya, pers nasional harus mampu memainkan peran konstruktif dalam memaknai pembangunan bangsa sekaligus tetap memiliki komitmen menjalankan fungsi sosial kontrol yang menjadi amanah UU Pers.

Sinergitas antara pers dan pemerintah harus terus dikembangkan, termasuk berkonstribusi memberi sumbangsih pemikiran tanpa mengabaikan fungsi kritik.

“Di sinilah makna sinergitas itu sebenarnya, dan organisasi profesi PWI harus mampu berperan membentuk karakteristik wartawan yang dibutuhkan atas nama profesionalisme,” ujar GM Immanuel Panggabean.

Menurutnya, peran pers bukan sekadar menyampaikan informasi kepada publik, namun harus mampu dikembangkan lagi agar menjadi salah satu acuan bagi kesinambungan pembangunan bangsa, termasuk di Sumatera Utara.

PWI sebagai organisasi profesi punya peran penting melakukan hal tersebut sekaligus membangun SDM wartawan yang mumpuni, khususnya dalam pemahaman regulasi aturan profesi maupun hal lainnya.

“Langkah ini harus dipersiapkan secara matang, karena tantangan pers ke depan semakin kompleks dan dinamis, terutama menghadapi era digitalisasi saat ini,” tambahnya.

Dalam konteks inilah, Immanuel berharap agar PWI menjadi ‘rumah besar’ para wartawan dalam menggodok berbagai problematika bangsa, termasuk hal-hal yang dihadapi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik.(UJ)

Berita sebelumyaPlt Wali Kota Waris Thalib Tinjau Serbuan Vaksinasi Nasional TNI/ Polri
Berita berikutnyaDr H Mardianto MPd, Sosok Dekan yang Sederhana dan Produktif Menulis Buku