Tingkatkan Herd Immunity, Polda Jatim Dirikan 503 Gerai Vaksinasi Presisi

596
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat mengunjungi Gerai Vaksinasi Presisi di Taman Bungkul

garudaonline-Surabaya | Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta bersama Pejabat Utama dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, meninjau Gerai Vaksinasi Presisi di Taman Bungkul, Surabaya, Rabu (30/6/2021).

Gerai Vaksinasi Presisi ini dalam rangka mendukung program pemerintah 1 juta vaksin perhari, untuk membentuk herd immunity.

Pelaksanaan peninjauan vaksinasi dimulai dari tahapan pendaftaran, skrining, vaksinasi, hingga observasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan vaksinasi di Gerai Vaksinasi Presisi Taman Bungkul ini ditargetkan dapat mencapai 250 orang, dengan petugas terdiri 10 tenaga kesehatan dari Biddokkes Polda Jatim.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, hari ini jajaran Polda Jawa Timur, secara serentak melaksanakan vaksinasi yang ditargetkan sebanyak 23 ribu di seluruh jajaran Jawa Timur.

Untuk itu, kemarin, pihaknya telah mendirikan 503 gerai vaksinasi, yang tersebar di seluruh jajaran Jawa Timur.

Hari ini, salah satunya Kapolda mengecek gerai vaksinasi yang berada di Taman Bungkul. Rencananya hari ini kami melaksanakan vaksinasi untuk 250 orang di sini.

“Antusias masyarakat sangat tinggi, sehingga sampai sekarang sudah berjalan 170, harapan kami nanti sebelum jam empat sore, 250 itu sudah habis,” kata Kapolda Jatim.

Jadi, rata-rata akan dilaksanakan 23 ribu per hari oleh Polri saja. Itu terbagi menjadi 503 gerai. Untuk percepatan program vaksinasi. Salah satu gerainya di Taman Bungkul ada 250 vaksin.

Nanti ada gerai lain bisa 200, ada yang 500. “Tergantung dari ketersediaan vaksin dan kedatangan masyarakat untuk melaksanakan vaksin,” tandas Irjen Pol Nico Afinta.

Kapolda Jatim juga mengimbau kepada masyarakat, untuk datang di gerai-gerai vaksin yang sudah ada, atau yang sudah dimiliki Puskesmas. Hal ini untuk meningkatkan herd immunity.

“Jadi, tinggal membawa KTP kemudian mengisi form dan nanti dilaksanakan skrining pemeriksaan kesehatan, yang bersangkutan itu bisa atau tidak mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Irjen Pol Nico Afinta juga menyampaikan kepada seluruh anggota, agar melaksanakan program vaksinasi ini, sinergitas antara TNI-Polri, Pemerintah Provinsi dengan masyarakat dijaga terus.

“Diharapkan 117 ribu vaksin per hari di wilayah Timur, yang dilaksanakan oleh Pemprov, TNI-Polri bisa terlaksana dengan dukungan masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

Irjen Nico Afinta menyerukan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan mengajak tetap menjaga diri, keluarga, dan negara.

“Ayo jaga kesehatan diri, jaga kesehatan keluarga dan jaga kesehatan negara,” ajak Kapolda.(rel/wan)

Berita sebelumyaPenyebaran Covid-19 Meningkat, Peluncuran KA Nusa Tembini Ditunda
Berita berikutnyaKetua TP PKK Langkat Bedah Rumah Warga Miskin di Tanjung Pura