Beredar, Akun Medsos Palsu Lakukan Penipuan Atasnamakan Bupati Langkat

155
Akun palsu mengatasnamakan Bupati Langkat

garudaonline-Langkat | Masyarakat diminta hati-hati, banyak akun media sosial (medsos) palsu mengatasnamakan Bupati Langkat Terbit Rencana PA melakukan penipuan.

“Hati-hati banyak akun medsos palsu dengan nama Terbit Rencana, mereka melakukan penipuan, salah satunya adalah akun facebook bernama Terbit Langkat,” sebut Kadis Kominfo Langkat H Syahmadi di ruang kerjanya, Jumat (2/7/2021).

Penipuan yang dilakukan akun facebook “Terbit Langkat”, kata Syahmadi, menawarkan sejumlah jabatan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Langkat, dengan meminta imbalan/bayaran dengan sejumlah uang.

“Mereka menawarkan jabatan dengan minta bayaran. Jika salah satu ASN Pemkab ditawarkan jangan tergiur dan mengiyakan. Saya tegaskan, itu semua penipuan,” tandas Syahmadi.

Teknik menawarkannya, sebut Syahmadi, mereka meminta pertemanan kepada calon targetnya. Setelah diterima, mereka langsung berkomunikasi lewat massager (DM), baru kemudian melanjutkan komunikasi ke whatsapp (WA).

“Jangan mudah percaya dengan chatnya. Akun facebook bupati yang asli dan resmi hanya bernama “Terbit Rencana Perangin Angin” dan akun instagramnya asli “Terbitrencana_official”. Selain itu, semuanya palsu,” tegas Kadis Kominfo.

Syahmadi jmenyampaikan, pihak Pemkab Langkat saat ini akan melakukan upaya hukum untuk memburu pelaku penipuan.

Tujuannya menghentikan aksi pelaku, sebab selain meresahkan masyarakat, juga karena telah mencoreng nama baik Bupati sebagai pejabat publik sekaligus Pemkab Langkat.

“Kita akan melakukan upaya hukum, agar pelaku dapat tertangkap, dan saya mengajak semua masyarakat utk memblok dan melaporkan ke facebook secara beramai akun palsu bernama Terbit Langkat itu, sehingga akun tersebut dapat ditakedown oleh facebook” katanya.

Syahmadi menegaskan, seorang ASN bisa naik jabatan atau golongan harus melalui serangkaian teknis dan aturan yang berlaku, tidak bisa asal saja.(SLM)

 

Berita sebelumyaData Kependudukan Belum Valid, Penyebab Warga Wampu Belum Terima Bansos
Berita berikutnyaPelayanan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Langkat Meningkat