Farianda Programkan Kirim Anggota PWI Sumut Ikuti Pelatihan di Jakarta

198
H Farianda Putra Sinik

garudaonline-Medan | Calon ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik menyebutkan, telah menyusun program pengiriman anggota PWI setempat untuk mengikuti pelatihan jurnalistik dasar di Jakarta, bila dirinya terpilih memimpin PWI Sumut 2020-2025.

“Program ini sebagai upaya untuk mencetak sumber daya manusia unggul di bidang jurnalistik agar para wartawan anggota PWI Sumut bisa bekerja lebih profesional dalam memberitakan sesuatu, serta mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat,” katanya kepada pers di Medan, Rabu (18/8/2021).

Dalam upaya peningkatan SDM wartawan, Farianda ingin meneguhkan komitmen untuk menjadikan PWI Sumut sebagai organisasi yang menciptakan wartawan profesional serta kompeten dan menjunjung tinggi etika profesi.

Dikatakannya, kompetensi bagi wartawan menjadi amat bernilai di tengah arus informasi yang marak di media elektronik dan media sosial, namun seringkali tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, menurut dia, mutlak dibutuhkan program peningkatan SDM secara berkesinambungan dengan menyusun kurikulum pelatihan jurnalistik yang mengacu pada standar Dewan Pers.

Program peningkatan SDM jurnalis tersebut, kata dia, harus diselenggarakan melalui metode yang lebih efektif dan efisien, mengedepankan keterampilan individual, dibimbing dan diasuh oleh staf pengajar dan profesional di bidangnya.

Terkait dengan rencana tersebut, ia menyatakan terlebih dahulu akan mendiskusikan program itu dengan PWI Pusat serta selanjutnya menjajaki kerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan jurnalistik berskala nasional di Jakarta dan beberapa kota lain di Pulau Jawa.

Farianda yang juga pemilik perusahaan media cetak dan media online di Medan ini menegaskan, keinginannya ingin menjadikan PWI Sumut ke depan harus semakin kokoh dan seluruh anggotanya benar-benar mampu meningkatkan profesionalitas serta dapat membangun komunikasi yang baik dengan para mitra kerja.

“Sudah saatnya wartawan yang tergabung dalam PWI Sumut untuk meningkatkan harkat, martabat, dan profesinya. Untuk itu, PWI Sumut ke depan harus terus aktif mendorong terciptanya wartawan yang teruji dan kompeten,” katanya.

Farianda menambahkan, secara garis besar dirinya memiliki tiga program yaitu meningkatkan SDM wartawan, memberikan perlindungan hukum dan meningkatkan kesejahteraan wartawan.

Untuk merealisasikan ketiga program itu, Ketua SPS Sumut ini sudah menyusun sejumlah langkah konkret untuk kemajuan PWI Sumut lima tahun ke depan.

“Ke depan kita akan lakukan yang terbaik demi kemajuan PWI Sumut. Namun, kesemuanya itu baru akan dibahas lebih lanjut jika insya Allah saya terpilih menjadi ketua PWI Sumut periode 2020-2025,” ujar putra tokoh pers Sumut Ibrahim Sinik ini.

Farianda kembali menegaskan, jika dipercaya menjadi ketua PWI Sumut melalui Konferda 2021, dirinya tidak akan bersikap diskriminatif terhadap anggota PWI di Sumut, baik di Medan maupun di daerah. (UJ)

Berita sebelumyaRatusan Rumah di Kabupaten Asahan Terendam Banjir
Berita berikutnyaApresiasi Relawan, Kapolri : Pandemi Covid-19 Bisa Dilalui Kalau Kita Bersatu