Tingkatkan Kewaspadaan, Lapas Kelas II A Binjai Razia Kamar WBP

147
Layanan kunjungan Lapas Kelas II A Binjai, Jalan Gatot Suberoto Binjai Barat

garudaonline-Binjai | Petugas keamanan Lapas Kelas II A Binjai di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, melakukan razia rutin ke kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk meningkatkan kewaspadaan atau deteksi dini.

Hal itu berkaitan dengan kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I A Tangerang, pada Rabu (8/9) diduga akibat korsleting listrik mengakibatkan 41 warga binaan meninggal dunia.

“Bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Binjai, tadi pagi kami juga melakukan pengecekan listrik di kamar-kamar dihuni para WBP,” ungkap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Binjai, Maju Amintas Siburian, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (9/9/2021) siang.

Selain melakukan pengecekan, pihak PT PLN juga mengganti beberapa instalasi listrik. “Usai pengecekan, pihak PLN juga langsung eksen dengan mengganti beberapa kabel dan juga MCB,” sebut Siburian.

Pria yang pernah menjabat Karutan I A Medan ini juga menegaskan, selain melakukan pengecekan instalasi listrik, pihaknya juga rutin melakukan razia ke kamar kamar WBP.

“Tujuannya untuk meantisipasi hal-hal tidak diinginkan, seperti masuknya barang barang yang dilarang. Ini merupakan bagian dari deteksi dini,” tegas pria berdarah Batak ini.

Tidak hanya itu, lanjut Maju Amintas Siburian, dengan jumlah WBP yang melebihi kapasitas, Deteksi dini juga sangat diperlukan agar hal hal yang tidak diinginkan bisa segera diantasipasi.

“Untuk kapasitas Lapas Binjai yaitu 736 WBP. Sementara saat ini jumlah WBP 1.950 orang. Artinya dengan over kapasitas ini, sangat diperlukan deteksi dini,” tegasnya.

Di akhir pembicaraannya, Maju Amintas Siburian menyampaikan belasungkawa kepada seluruh keluarga yang menjadi korban kebakaran di Lapas Tangerang.

“Semoga keluarga korban tabah dalam menghadapi cobaan ini,” tutup Maju Amintas Siburian. (anora)

Berita sebelumyaUang Perusahaan Rp 3,2 Miliar Digelapkan, Jaksa Tuntut Sely Wijaya 4 Tahun Penjara
Berita berikutnyaParlinsyah Harahap Nyatakan Siap Pimpin Partai Demokrat Sumut