Ketua Komisi A DPRDSU Hendro Susanto Terima Audiensi MW Forhati Sumut

361
Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto diabadikan bersama pengurus MW Forhati Sumatera Utara, usai audiensi

garudaonline-Medan | Pengurus Majelis Wilayah Forum Alumni HMI-Wati (MW Forhati) Sumut, melakukan kunjungan audiensi kepada Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto, Rabu (8/9/2021).

Audiensi dipimpin Ketua Periodik MW Forhati Sumut drg Sulfia Dewi Rambe, didampingi pengurus Serasi Malem Sitepu SPd, Elva Citra Sari SE, Nurhayati Harahap MAP, Yenny Rambe SH, Rini Nazara SH, Edowati SIP, Hj Henny Pratiwi SP MM, dan Vita Wahyuni SPd MA.

Menurut Sulfia Dewi Rambe, tujuan audiensi antara lain untuk mempresentasikan rencana kegiatan MW Forhati Sumut khususnya Bidang Politik, Hukum dan HAM.

Bidang Politik, Hukum dan HAM Forhati Sumut berencana membuat kelas anggaran sebagai upaya membantu pemerintah mengedukasi masyarakat tentang anggaran daerah.

Utamanya, soal pengetahuan tentang komposisi anggaran pendapatan dan belanja daerah, transparansi anggaran dan pencegahan korupsi. Sebagaimana diketahui, di Sumatera Utara tingkat korupsi masih tinggi.

Forhati juga mengajukan kegiatan kelas anggaran sebagai upaya agar masyarakat khususnya perempuan mengetahui penyusunan dan penggunaan anggaran daerah di Provinsi Sumatera Utara, apakah sudah benar-benar berpihak pada kepentingan masyarakat.

Serasi Malem Sitepu dan Elva Citra Sari berharap, dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat, diharapkan praktik korupsi bisa dicegah sedini mungkin.

“Melalui kegiatan kelas anggaran, Forhati Sumut ingin mendorong agar APBD bisa direncanakan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Serasi Malem.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto menyambut hangat kunjungan audiensi tersebut serta mengapresiasi rencana kelas anggaran yang akan dilaksanakan MW Forhati Sumut.

Menurut Hendro, MW Forhati Sumut dan 19 MD Forhati se-Sumut, juga bisa membuat program yang akan mewakili kepentingan dan pemberdayaan masyarakat Sumatera Utara, selanjutnya disampaikan kepada pihak-pihak terkait.

Hendro menyebutkan, saat ini postur APBD Sumut memang lebih banyak diperuntukkan pada belanja operasional.

“Tahun depan kita berharap, agar anggaran untuk pemberdayaan masyarakat bisa lebih ditingkatkan,” kata wakil rakyat asal Dapil Binjai-Langkat ini.

Forhati Sumut sebagai sebuah organisasi bisa merumuskan kegiatan strategis yang bisa disandingkan dengan OPD terkait baik di provinsi maupun kabupaten/ kota, dengan mengacu kepada anggaran daerah.

Misalnya penyuluhan narkoba, hukum anak, penguatan UMKM, dan lainnya. “Pertemuan seperti ini diharapkan bisa dilakukan secara bertahap, berjenjang, dan berkesinambungan,” kata Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut ini.

Pada kesempatan itu, Ketua periodik MW Forhati Sumut Sulfia Dewi Rambe menyerahkan profil lembaga, berisi informasi tentang apa itu Forhati dan kegiatan yang telah dilaksanakan di tengah masyarakat Sumatera Utara.(UJ)

Berita sebelumyaParlinsyah Harahap Nyatakan Siap Pimpin Partai Demokrat Sumut
Berita berikutnyaAhmad Hadian Minta Diskop & UKM Sumut Segera Anggarkan Rekrutmen PPKL dan Pendamping UKM