Yahdi Khoir Minta Anggaran Perbaikan Jalan Provinsi Bandar Khalifah-Lalang Ditanggulangi Sementara di PAPBD 2021

224
Anggota DPRD Sumut Ir H Yahdi Khoir Harahap MBA saat meninjau ruas jalan provinsi Bandar Khalifah-Lalang di Dusun X Meriam, Desa Nanasiam, Kecamatan Medang Deras

garudaonline-Batu Bara | Anggota DPRD Sumut Dapil Sumut V (Asahan-Batubara-Tanjungbalai), Ir H Yahdi Khoir Harahap MBA meninjau ruas jalan provinsi Bandar Khalifah (batas Sergai)-Lalang (access road Inalum) di Dusun X Meriam Desa Nanasiam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, yang kondisinya sangat parah dan tergenang air saat hujan, Sabtu (11/9/2021).

Kondisi sangat parah tersebut terdapat di dua titik, satu di depan PDAM Nanasiam dan satu lagi sekitar 500 meter sebelumnya.

Yahdi mengharapkan agar anggaran perbaikan jalan tersebut bisa ditanggulangi sementara di PAPBD Sumut 2021 menunggu perbaikan permanen yang sudah diusulkan, namun belum ditampung anggarannya.

Selain itu, perlu segera dibangun saluran drainase untuk membuang air ketika hujan, sehingga tidak menggenangi badan jalan.

“Kemudian perlu dilakukan penimbunan badan jalan, supaya dapat dilalui masyarakat, terutama saat musim penghujan,” kata Yahdi Khoir.

Saat melakukan peninjauan, Yahdi disertai Kepala UPT Jalan Jembatan Tanjung Balai yang memiliki wilayah kerja Asahan, Batu Bara dan Tanjung Balai, Syahrial Effendi didampingi Kepala Desa Nanasiam M Khairul dan beberapa pemuka masyarakat.

Kepada Yahdi, masyarakat mengeluhkan kondisi jalan ini. Pada APBD TA 2021 ruas jalan ini juga mendapatkan program peningkatan struktur jalan dengan hotmix sepanjang 2,4 km, tapi sayangnya tidak sampai ke titik yang ditinjau tersebut.

“Diharapkan, pada tahun-tahun mendatang bisa dilanjutkan, sehingga ruas ruas jalan provinsi ini bisa mulus secara keseluruhan,” kata politisi senior PAN ini.

Dari 2,4 km yang dibangun tahun ini dibagi 2 seksi, seksi 1 mulai dari jembatan besi Pagurawan sampai tugu Nanas sepanjang 1,4 km dan seksi 2 dari Desa Pematang Nibung menuju Desa Medang sepanjang 1 km.

Di samping meninjau lokasi tersebut, Yahdi juga meninjau rencana pelebaran dan peninggian jembatan gotak Desa Dahari Selebar, Kecamatan Talawi pada ruas jalan provinsi Simpang Sono-Simpang 4 Timbangan Tanjung Tiram.

Ruas ini adalah jalur vital susur pantai yang merupakan bagian jalan strategis provinsi sebagai jalur utama mengeluarkan hasil bumi terutama sektor kelautan, perkebunan dan pertanian.

Jembatan gotak yang ada sekarang sangat sempit dan tidak bisa berpapasan. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan dan kurang tinggi menyebabkan perahu-perahu nelayan tidak bisa leluasa keluar masuk ke alur tambat labuh di permukiman nelayan.

Melalui wakilnya di DPRD Sumatera Utara (Yahdi Khoir Harahap), masyarakat meminta agar jembatan tersebut dilebarkan dan ditinggikan.

Selain itu, pada ruas jalan yang sama, Yahdi juga meninjau rencana pembangunan saluran drainase di Desa Dahari Indah, Kecamatan Talawi dan rencana pembangunan box culvert di Dusun VI Desa Sukaramai, Kecamatan Air Putih yang runtuh beberapa waktu lalu.

Hal ini menyebabkan tertutupnya aliran air ke alur pembuangan yang menimbulkan terjadinya genangan air, terutama saat hujan turun.

Secara bertahap ini adalah wujud dari komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara untuk meningkatkan kualitas infrastruktur sebagimana tertuang dalam RPJMD 2018-2023 dalam mewujudkan visi misi Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat.

“Ini juga komitmen DPRD Sumut dalam mendukung kerja keras Gubernur Sumatera Utara dalam mewujudkan visi misinya, sekaligus komitmen anggota dewan untuk memajukan Dapilnya,” kata Yahdi.(UJ)

Berita sebelumyaLRT Jabodebek akan Hadir Menjangkau Masyarakat Melalui 18 Stasiun
Berita berikutnyaTekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Langkat Pasang Imbauan di Jalan