Belawan Berpotensi Dilanda Banjir Rob pada 19-24 Oktober 2021

134
Ilustrasi (Foto: Okezone)

garudaonline – Medan | Masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) diimbau untuk mewaspadai potensi banjir rob dalam beberapa hari ke depan. Imbauan dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono mengatakan, banjir rob berpotensi melanda kawasan pesisir Belawan pada tanggal 19 hingga 24 Oktober 2021.

“Kondisi ini terjadi akibat adanya aktivitas pasang air laut, dan curah hujan tinggi yang dapat mempengaruhi banjir pesisir,” kata Sugiyono, Senin (18/10/2021).

Menurutnya, kondisi tersebut nantinya dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir roba, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” ujarnya.

Diketahui, pada Selasa, 5 Oktober 2021, kawasan pesisir Belawan, Medan, dilanda banjir rob. Kondisi ini terjadi akibat Tinggi Muka Air (TMA) hingga 70 sentimeter yang disebabkan pasang air laut. 15.000 rumah terendam dan 70.685 jiwa terdampak akibat peristiwa ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melaporkan terdapat 7 kelurahan terdampak di Kecamatan Medan Belawan, antara lain Kelurahan Belawan 1, Belawan 2, Sicanang, Bahari, Bahagia, Bagan Deli, dan Labuhan Deli.

(Nor)

Berita sebelumyaKades Diinstruksikan Data Warga Agar Tidak Tertinggal Ikut Vaksin
Berita berikutnyaAtlet Jatim Peraih Medali PON Papua Ditawari Masuk TNI dan Polri