Pemkab dan Kemenag Langkat Peringati Hari Santri Nasional 2021

355
Sekdakab Indra Salahuddin diabadikan bersama Forkompinda Langkat diabadikan bersama usai peringatan Hari Santri Nasional

garudaonline-Langkat | Pemkab bersama Kementerian Agama Kabupaten Langkat menggelar Hari Santri Nasional 2021 bertema “Santri Siaga Jiwa Raga”, di Jentera Malay Rumdis Bupati, Stabat, Jumat (22/10/ 2021).

Bupati Langkat Terbit Rencana PA hadir melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahuddin.

Sekda mengucapkan selamat Hari Santri 2021 dan berharap pondok pesantren dan para santri Langkat ikut mewujudkan visi misi Langkat religius.

Santri harus terus menjadi kebanggaan umat dalam mencetak generasi yang kuat secara iman, ilmu dan amal.

“Semoga peringatan hari santri tahun ini semangkin memperkuat komitmen kita untuk bersama menjaga Langkat sebagai bumi religius,” harapnya.

Sekda mengucapkan terima kasih atas peran pondok pesantren telah melahirkan banyak qri, qariah, hafiz, hafizah maupun sejumlah peserta kaligrafi yang telah memberikan andil bagi nama baik Langkat di event provinsi maupun nasional.

“Upaya ini sangat saya hargai sebagai kerja keras seluruh keluarga besar pondok pesantren menciptakan santri yang tidak saja siap secara ilmu, juga mampu membesarkan dan membanggakan daerah,” sebutnya.

Sementara, Kakan Kemenag Langkat H Zulfan Efendi MSi mengapresiasi Pemkab Langkat dan seluruh jajaran, yang telah memberikan bantuan dan memfasilitasi pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Langkat.

Zulfan menjelaskan, sejak ditetapkannya Hari Santri pada 22 Oktober melalui keputusan Presiden No 22/2015, setiap tahun secara nasional diperingati Hari Santri sebagai wujud resolusi jihad dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dijelaskan, Kementerian Agama Langkat bersama seluruh pondok pesantren di Langkat, terus melakukan upaya pembinaan dan meningkatkan silaturahmi, serta bersinergi dalam membangun dan menciptakan santri-santri yang menjadikan agama Islam sebagai jalan hidupnya.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan hadiah pemenang gebyar hari santri. Ketua panitia Darwis Siagian menjelaskan, sebelum pelaksanaan Hari Santri, panitia telah melaksanakan kegiatan gebyar hari santri.

Berupa perlombaan antar pondok pesantren se-Langkat dengan empat cabang perlombaan, Syahril Quran (putra-putri), Kaligrafi (Putra-putri), Pidato Bahasa Arab (putra-putri) dan Pidato Bahasa Inggris (putra-putri).

Turut hadir Ketua Umum BSPSU H Yulizar Parlagutan Lubis, Sekretaris BSPSU M Haikal El Kahfi, Ketua DWP Kemenag Langkat Fitria Darly, Kacab BSI Stabat Zainul Arifin, Nia Kurnia Rahayu.

Ketua MUI Langkat, Pengurus Al Washliyah Langkat, Ketua FKUB Langkat, serta seluruh pimpinan Pondok Pesanten yang ada di Kabupaten Langkat dan tamu undangan lainnya.(SLM)

Berita sebelumyaKwarcab Pramuka Langkat Peringati Hari Pramuka ke-60
Berita berikutnyaIlyas Sitorus : Museum di Sumut Harus Jadi Primadona Bagi Wisatawan