Peresmian MCK Dayah Muta’allimin Cotbatee Dipeusijuk

204
Peresmian dan peusijuk penggunaan MCK Dayah Muta’allimin Gampong Cotbatee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen.(garudaonline/ Suherman Amin)

garudaonline-Bireuen | Teungku Mukhtar Cotlagasawa didampingi pimpinan Dayah Teungku Sakdan dan Mukhlis Takabeya SH, peusijuk (tepung tawar) peresmian penggunaan sarana wudhuk Dayah Muta’allimin Gampong Cotbatee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, Rabu (27/10/2021).

Peresmian sarana wudhuk Mandi Cuci Kakus (MCK) dihadiri Direktur PT Takabeya Perkasa Group, H Mukhlis Cut Hasan SH, para guru ngaji, ustaz dan masyarakat sekitar.

Pimpinan Dayah Muta’allimin, Teungku Sakdan mengucapkan terima kasih kepada Teungku H Mukhlis Takabeya, yang telah membantu membuat sarana Wudhuk MCK yang sangat bermanfaat bagi santri yang mengaji di dayah tersebut.

Dijelaskan, saat ini para santri yang mengaji di Dayah Muta’allimin sebanyak 400 orang lebih dengan dua lokasi pengajian yaitu di Dayah Muta’allmin dan di Masjid Besar Kecamatan Kuala.

Dari 400 santri digodok dan dibina 7 ustazah dan 2 ustaz untuk pengajian dan pembelajaran di Dayah hanya di malam hari, sedangkan di masjid siang malam.

Bagi santri yang mencapai dua ratusan di Dayah sebelumnya sangat terbebani jika salit perut dan dikala mau shalat karena tidak ada sarana wudhuk dan MCK.

Dengan adanya sarana wudhuk dan MCK, mereka nyaman belajar dan tidak terbebani mencari lokasi sarana wudhuk bila mau shalat dan membauang hajat dikala sakit perut.

“Wali murid, termasuk masyarakat Cotbatee sekitar berterima kasih kepada Teungku Mukhlis yang telah berupaya membuat dengan sangat baik sarana wudhuk dan MCK, sehingga tidak ada hambatan bagi para santri shalat dan melakukan buang hajat,” kata Teungku Sakdan.

Sementara, Abrar didampingi Rio sosok tokoh pemuda menjawab media ini terkait pembangunan sarana Wudhuk dan Mck seluas 4 x 6.5 m mengatakan, dengan adanya sarana tersebut bagi para santri tidak terbebani lagi menyangkut buang hajat dan melaksanakan wudhuk.

“Kami berdoa semoga Teungku Mukhlis selalu sehat dan mudah rezekinya,” pungkas Abrar yang diamini Rio dan sejumlah pemuda Cotbatee. (HERA)

Berita sebelumyaDialog Interaktif Virtual Bersama Kasetukpa Polri dan Forkopimda Sukabumi, Panglima TNI: Waspadai Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19
Berita berikutnyaBupati Launching Langkat Siaga 112, Dapat Diakses 24 Jam dengan Gratis Pulsa