Soal Keluhan Kepdes, BPK RI Diminta Audit Penggunaan Dana Desa di Asahan

501
Ketua LBH, Fadli Harun Manurung SH

garudaonline-Kisaran | Ketua LBH Publik Cabang Asahan-Tanjung Balai Fadli Harun Manurung SH, minta kepada BPK RI Provinsi Sumatera Utara Cabang Medan untuk mengaudit penggunaan Dana Desa di Kabupaten Asahan.

Hal ini terkait keluhan sejumlah kepala desa diangkat di beberapa media online tentang tingginya iuran mereka menjadi anggota di organisasi Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Cabang Asahan sebesar Rp4 juta per tahun.

“Kalau kita gak setor uang iuran, kita akan dikeluarkan dari keanggotaan APDESI. Jika kita keluar kita gak aman karena kita pengelola Dana Desa,” sebut Fadli sebagaimana disampaikan para kepala desa kepada media online, Rabu (17/11/2021).

Selanjutnya disebutkan bagimana kami tidak resah, setiap akhir tahun wajib setor Rp.4 juta, kami juga bingung meng SPj kannya.

Dari mana kami menutupinya, kan gak mungkin dari gaji kami. “Ya, Ujung-ujungnya olah sana olah sini,” ungkap Fadli menirukan ucapan para Kades.

Menurut Fadli, tujuan disalurkannya Dana Desa adalah sebagai bentuk komitmen negara dalam melindungi dan memberdayakan desa agar menjadi kuat, maju mandiri dan demokratis.

“Dengan adanya Dana Desa, desa dapat menciptakan pembangunan dan pemberdayaan desa menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” ucap Fadli.

Namun melihat keluhan para kepala desa, lanjut Fadli, tujuan awal digulirkannya Dana Desa tersebut digunakan unuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat tercederai, bahkan tidak terpenuhi,”terangnya.

Jadi wajarlah dengan kondisi para kepala desa saat ini kita meminta BPK Provinsi untuk turun ke Asahan guna mengaudit Dana Desa.

“Jika terdapat penyimpangan dari tujuan awal penggunaan dana desa, sudah sewajarnya pemerintah membubarkan organisasi para kepala desa tersebut,” pungkasnya. (Hans)

Berita sebelumyaBupati Langkat Ikuti Rapat dengan Wakil Presiden RI dan Gubernur Sumut
Berita berikutnyaKKN-PPM Mahasiswa Universitas Malikulsaleh Budidayakan Cabai Merah