Polres Binjai dan Forkopimda Musnahkan Barang Bukti 13 Kg Sabu

165
Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting bersama Forkopimda saat memusnahkan barang bukti narkotika

garudaonline-Binjai | Narkoba jenis sabu sebanyak 13 Kg hasil tangkapan Polres Binjai direbus Forkopimda di halaman bola kaki Polres Binjai, Kamis (23/12/21).

Kegiatan dihadiri Wali Kota Amir Hamzah, Ketua DPRD, Kajari, Kapolres AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH, Kepala PN Kota Binjai Teuku Syarafi, Kepala Dinkes dr Sugianto SpOG, BNN Kota Binjai dan MUI Kota Binjai.

Sebelum dilakukan pemusnahan, narkotika jenis sabu tersebut dilakukan uji oleh Tim Labfor Polda Sumatera Utara.

Di hadapan para Forkopimda sabu asal China yang dikemas dalam plastik teh dengan berat 1 Kg/bungkus itu dijelaskan Tim Labfor, sabu hasil tangkapan Polres Binjai tersebut kualitas terbaik.

Selanjutnya, sabu 13 kg tersebut dimusnahkan dengan cara direbus. Masing-masing Forkopimda memegang satu kemasan yang kemudian dimasukkan ke dalam air rebusan masak.
Setelah itu, air rebusan dimasukkan ke dalam kloset WC kamar mandi lapangan bola Polres Binjai.

Dalam pemusnahan itu, Polres Binjai juga menghadirkan tersangka seorang pria berinisial, YI (39) warga Desa Matang Maneh, Aceh Utara yang merupakan kurir sabu seberat 13 kg dengan upah Rp35 juta.

Wali Kota Binjai Amir Hamzah menyempatkan diri melakukan dialog dengan tersangka, YI.

“Apa motivasi Anda mau melakukan ini? Dan dampak dari apa yang anda lakukan ini, apakah pernah Anda pikirkan ?, tanya wali kota.

Tersangka YI menjawab bahwa perbuatannya ini dilakukan untuk kebutuhan ekonomi ” Saya menyesal pak, dan ini saya lakukan karena kebutuhan ekonomi” jawab tersangka dengan kepala tertunduk.

Sementara itu, usai melakukan pemusnahan barang bukti, Wali Kota Amir Hamzah menyampaikan ke awak media.

Bahwa, penangkapan yang dilakukan Polres Binjai terhadap tersangka YI dengan barang bukti 13 kg narkoba jenis sabu sudah menyelamatkan 130 ribu anak bangsa.

Sebelumnya, penangkapan berawal pada saat Kasat Narkoba AKP Firman Imanuel PA, bersama Kasat Reskrim AKP Rian Permana.

Menerima perintah dari Kapolres Binjai untuk berkolaborasi dan bekerjasama dalam rangka melakukan pengungkapan terhadap peredaran narkoba di Kota Binjai.

“Sebab Kota Binjai merupakan jalur perlintasan oleh para bandar maupun kurir dari provinsi Aceh ke daerah lainnya,” tegas Kapolres AKBP Ferio Sano Ginting.

Menerima perintah itu, Kasat Narkoba AKP Firman Immanuel PA, beserta Kasatreskrim Polres Binjai AKP M Rian Permana, segera bentuk tim untuk melakukan penyelidikan.

Setelah tim bekerja selama 2 hari, akhirnya pada hari Minggu, 5 Desember 2021 sekira pukul 15.30 WIB, tim mendapatkan informasi dan menyatakan adanya seorang pria berangkat dari Lhokseumawe (Aceh Utara) dengan menggunakan Bus jenis L.300, dicurigai sedang membawa barang jenis narkotika.

Menerima informasi tersebut, tim segera melakukan penyelidikan. Selanjutnya, di hari yang sama sekira pukul 16.00 WIB.

Tepatnya di Jalan Tengku Amir Hamzah, Desa Tandem Hulu ll Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, tim melakukan penangkapan terhadap pria berinisial YI (39) warga Desa Matang Maneh, Aceh Utara. (anora)

Berita sebelumyaJelang Malam Natal, Forkopimda Jatim Cek Prokes dan Pengamanan di Gereja
Berita berikutnyaPolres Binjai Terima Tiga Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI