FITK UIN SU Medan Kukuhkan 505 Guru Profesional Bersertifikat

684
FITK UINSU Medan saat mengukuhkan 505 guru bersertifikat di Aula Utama Wing Hotel Kuala Namu, Deli Serdang

garudaonline-Medan | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumatera Utara Medan mengukuhkan 505 guru profesional bersertifikat tersebar di Indonesia.

Mereka yang dikukuhkan terdiri atas guru Pendidikan Agama Islam 277 guru dan 228 guru madrasah.

Pengukuhan digelar di Aula Utama Wing Hotel Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (28/12/2021).

Sejumlah guru hadir secara luring, sementara guru yang berada di daerah lain mengikuti melalui link zoom atau daring.

Pengukuhan dilakukan Rektor (diwakili Wakil Rektor I) Prof Dr Hasan Asari MA, dan berlangsung dengan khidmat.

Dalam sambutannya, Hasan Asari menyampaikan, guru profesional itu memiliki tugas dan tanggung jawab penuh terhadap kegiatan pendidikan dan pembelajaran.

“Dari tangan-tangan merekalah akan lahir profesi lainnya, maka guru profesional adalah para perancang peradaban masa depan,” katanya.

Sementara, Dekan FITK Dr Mardianto MPd menyebutkan, FITK sampai kini dipercaya oleh Negara untuk membantu meningkatkan kualitas pendidik sebagaimana amanat UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Pengalaman FITK ini sejak 2006 sampai sekarang secara terus-menerus kami membantu pemerintah, khususnya Kementerian Agama RI dalam peningkatan kualitas pendidik, baik dari jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) maupun Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Menurut Mardianto, ada hal berbeda pada pengukuhan ini, yaitu skenario pembiayaan PPG di samping dari pemerintah juga disertai partisipasi Pemda, khususnya untuk guru PAI di sekolah.

Empat pemerintah daerah yang tahun ini mengalokasikan dana untuk program ini adalah Kabupaten Langkat, Kota Pematang Siantar, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Kerja sama antara pemerintah, Kementerian Agama, Pemerintah Daerah serta FITK UIN Sumatera Utara bukti dari kolaborasi peningkatan SDM menuju Sumatera Utara berperadaban,” kata Mardianto.

Sedangkan, perwakilan dari Kepala Kantor Kementerian Agama RI Sumatera Utara mengatakan, upaya pemerintah meningkatkan mutu guru sudah dilakukan secara tepat.
Pendidikan yang baik harus diimbangi dengan mutu guru yang baik pula.

Masih banyak guru agama dan madrasah khususnya di Sumatera Utara kini menunggu giliran untuk disertifikasi, keterbatasan pembiayaan negara mengakibatkan daftar antre begitu panjang.

Ketua Pendidikan Profesi Guru PPG LPTK UIN Sumatera Utara, Azis Ruslan PhD menyatakan, guru bersertifikat ini sesuai dengan SK Rektor Nomor 867 Tahun 2021.

Mereka dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat setelah menjalani sejumlah rangkaian. Yakni orientasi, perkuliahan, penugasan uji kinerja, uji kompetensi sampai uji pengetahuan.

Ketua Senat UIN Sumatera Utara, Prof Dr H Syaiful Akhyar Lubis MA Medan juga hadir memberi ucapan selamat kepada seluruh guru baik yang hadir secara luring maupun daring.

“Syukurilah apa yang kita dapatkan, dan bekerjalah secara tanggung jawab itu adalah bagian penting dari sebuah pekerjaan profesional,” harapnya.

Pengukuhan diakhiri dengan hymne guru memberi semangat, bahwa pengabdian seorang guru bukan semata untuk kualitas pendidikan hari ini, tapi mengantarkan anak bangsa agar lebih bermartabat di masa mendatang.(UJ)

Berita sebelumyaMeras !! Oknum LSM Forum Komunikasi Masyarakat Pesisir Terjaring OTT
Berita berikutnyaPembobol Ruko Diringkus Polres Labuhan Batu