Plt Bupati Langkat Syah Afandin SH Hadiri Kenduri Laut

100
Plt Bupati Langkat, H Syah Affandin saat berbincang dengan nelayan

garudaonline-Langkat | Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri acara Kenduri Laut, di Kantor Satpol Airud, Jalan Babalan Pajak Ikan Lama, Kelurahan Brandan Timur, Babalan, Rabu (26/1/2022).

Kegiatan tradisi kenduri laut merupakan bentuk rasa syukur atas rejeki hasil melaut sebagai sebuah budaya yang melekat bagi masyarakat di daerah pesisir.

Tradisi ini diharapkan menambah keimanan, tertuju kepada pemilik alam semesta, sebagai upaya mengharap ridho, rahmat dan kasih sayangnya.

Plt Bupati Langkat mengajak, masyarakat pesisir senantiasa bersama menjaga kelestarian Alam bawah Laut dan sekitarnya, agar habitat ikan semakin banyak dan mudah didapat.

Sebab, profesi nelayan menjadi tumpuan harapan sebagian masyarakat untuk menghidupi dan meningkatkan perekonomian keluarga, di kawasan pesisir kecamatan Babalan dan Berandan Barat yang merupakan salah satu urat nadi perekonomian khususnya di bidang perikanan.

Karenanya Syah Afandin mengatakan, perhatian dan pemberdayaan kepada masyarakat nelayan, akan terus menjadi konsentrasi pemerintah.

Ia berharap, perhatian baik melalui regulasi maupun berbagai bantuan kepada kelompok nelayan hendaklah diikuti dengan kesungguhan, upaya dan tanggung jawab untuk terpeliharanya nilai-nilai kebersamaan.

Dan tumbuhnya rasa memiliki dengan sesama menjaga, agar memberikan kebaikan bagi seluruh masyarakat yang menjadikan mereka lebih berdaya dalam mencukupi ekonomi keluarga.

Syah Afandin mengingatkan, agar para nelayan memahami ketentuan dan peraturan tentang batas-batas perairan antar negara.

“Ini penting guna menghindari permasalahan hukum yang dapat merugikan diri dan keluarga, bahkan harga diri bangsa,” ujarnya.

Akhir acara tersebut Plt Bupati Langkat Syah Afandin SH bersama tamu yang hadir memberikan santuan secara simbolis kepada 100 anak yatim/piatu, berasal dari masyarakat pesisir berandan dan sekitarnya.

Hadir mendampingi Plt Bupati Langkat, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos MSP, Kalak BPBD Drs H Irwan Syahri, Kadis Perikanan dan Kelautan Hendrik Tarigan SPt MMA, Kadis Koperasi Drs TM Auzai.

Camat Babalan Fajar Aprianta Sitepu SE, Camat Sei Lepan Muhammad Iqbal Rahmadan SE, Ketua KNPI Kabupaten Langkat yang juga Wakil Walikota Binjai H Rizky Yunanda Sitepu STP MAP. serta perwakilan kepala satuan TNI/Polri berhadir.(SLM)

Berita sebelumyaKetua DPRDSU : Poldasu Harus Usut Dugaan Perbudakan Berkedok Rehabilitasi Narkoba
Berita berikutnyaIlyas Sitorus : UISU Harus Tingkatkan Sinergi dengan Berbagai Pihak