Zahir : Digitalisasi Harus Dimanfaatkan demi Efisiensi dan Peningkatan Pelayanan Publik

146
Bupati Batu Bara, Ir H Zahir MAP saat memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Ilyas Sitorus

garudaonline-Medan | Pemerintahan perlu memanfaatkan digitalisasi untuk efisiensi biaya dan waktu dalam pelayanan publik, agar pelayanan publik kepada masyarakat menjadi lebih cepat.

Hal itu disampaikan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, saat memberikan arahan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pemkab Batu Bara di Aula T Garden Little Bali In Medan, Sabtu (29/1/2022).

Rakor dirangkai pemberian penghargaan kepada OPD yang mendapatkan nilai kepatuhan tertinggi dalam pelayanan publik sesuai penilaian Ombudsman.

Atas dasar itu, Pemkab Batu Bara berhasil meraih predikat tertinggi atau Zona Hijau dari Ombudsman serta launching aplikasi dan peluncuran buku Zahir.

Menurut Zahir, digitalisasi berarti mengubah sesuatu menjadi digital dalam memanfaatkan tekologi. Digital dapat bermacam-macam, mulai dari digital pelayanan, laporan, pemasaran dan lainnya.

“Di saat pandami Covid-19 ini, digital harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi berbagai sektor termasuk sektor pendidikan,” papar Zahir.

Di awal sambutannya, Zahir menyampaikan, tahun ini adalah tahun perjuangan luar biasa, namun harus dijalani, meski kita masih dilanda pandemi Covid-19.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Sekda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, yang telah bekerjasama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Zahir.

Terpisah, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Sumatera Utara, Abyadi Siregar secara khusus mengapresiasi Bupati Zahir, yang sudah melakukan hal semacam itu.

“Ini memang tugas dan peran kepala daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” katanya.

Abyadi saat dihubungi awak media via telephone selulernya menyatakan, ini penting untuk menjadi motivasi bagi semua pimpinan unit pelayanan publik.

Sehingga mereka merasa kinerja baik juga mendapat perhatian dari pimpinan (KDh) yang diwujudkan dalam bentuk apresiasi reward atau penghargaan.

Namun sebaliknya, pihaknya juga berharap, bagi pimpinan unit layanan publik yang tidak mau atau tidak berkomitmen memperbaiki layanan publik, sebaiknya juga mendapat sanksi.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus SE MPd, yang akrab dipanggil Ncekli usai menerima penghargaan, kepada wartawan mengatakan, apa yang diraihnya saat ini tidak terlepas dari dukungan jajaran di Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara.

Mereka selama ini terus mendukung dengan berkolaborasi serta komunikasi yang dibangun bersama guna kemajuan pendidikan di Kabupaten Batu Bara.

Mantan Kepala Biro Humas Pemprovsu yang dikenal humble dan selalu dekat dengan jurnalis ini mengatakan, selain dukungan dari teman teman di Dinas, juga tak terlepas dari dukungan kawan-kawan media.

Penghargaan yang diberikan langsung Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, yang didampingi Sekdakab Sakti Alam Siregar SH, dan para Asisten dan Sahli Setdakab disaksikan para Kepala OPD dan tamu undangan.

Ilyas menyatakan, akan terus berupaya untuk mengembangkan aplikasi yang telah dibangun di Dinas Pendidikan, seperti PPBD online, e-simpelbos, batubarakab, e-layanan, e-mgmp, e-mentoring, e-supervisi, e-dupak, e-saspras, e-layanan, e-keuangan dan lainnya.

Rakor juga diisi penyampaian resume buku ‘Zahir, Prestasi dan Karir’ dari penulis Dr H Agus Salim SAg MAP serta penyampaian resume buku ‘Kiat Zahir Membolo Pantai Sejarah’ oleh Buyung Morna dan penyampaian pembanding buku oleh Prof Dr H Syafaruddin MPd.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua PKK Kabupaten Batu Bara Maya Indriasari Zahir, Kepala OPD, Camat, Barisan Muda Al Ittihadiyah dan lainnya.(SUSI)

Berita sebelumyaBersama Forwakum Sumut, Kejari Medan Gelar Baksos di Dua Panti Asuhan 
Berita berikutnyaPemkab Langkat Kembali Sosialisasikan Penertiban Pajak Brandan