Dipertanyakan, Rental Kendaraan Pemkab Batu Bara Disebut Hemat Rp 5 M

63
Ketua Fraksi PBB DPRD Batu Bara, Azhar Amri

garudaonline-Batu Bara | Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Batu Bara Nomor 9 Tahun 2022 disebutkan, penggunaan Kendaraan Dinas Operasional Sewa (KDO-S) menggunakan asas hemat, efektif, efisien dan keadilan.

Pada Perbup tersebut tertulis, untuk efektivitas dan efisiensi anggaran Pemkab Batu Bara, perlu dilakukan pengadaan kendaraan dinas operasional melalui proses sewa/ rental.

Berdasarkan Perbup Nomor 9 Tahun 2022, Pemkab Batu Bara mengadakan 29 kendaraan secara sewa demi penghematan dan efisiensi anggaran.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Hakim, mengungkapkan hal itu melalui Sekretarisnya Andri R SH kepada sejumlah wartawan, Selasa (28/6/2022) lalu.

Diungkapkan Andri, dengan membayar sewa 29 mobil Mitsubishi Xpander Exceed sebesar Rp2.298.800.000 per tahun, Pemkab Batu Bara telah menghemat.

Sebab, selanjutnya tidak lagi perlu memikirkan biaya perawatan, asuransi serta pajak kendaraan dinas.

“Biaya perawatan dan asuransi serta pajak kendaraan ditanggung penyedia. Jadi memang hemat,” terang Andri lagi.

Namun, Ketua Fraksi PBB DPRD Batu Bara Azhar Amri, Jumat (1/7/2022) membantah bila menyewa kendaraan dinas merupakan penghematan.

Sebelumnya, Kepala BKAD Hakim kepada media menjelaskan dengan KDO-S Pemkab Batu Bara menghemat anggaran sebesar Rp5 miliar.

“Hemat Rp5 miliar dari mana jalannya ?,” sergah Azhar Amri mempertanyakan, sembari menyatakan, pihaknya mendukung kalau benar menguntungkan bagi keuangan daerah.

Kita harus dalami lagi, apa iya memang kita diuntungkan dengan rental mobil itu karena asumsinya satu tahun sewa 29 unit, kita menghabiskan anggaran Rp2.298 M setahun.

Jika 5 tahun itu Rp 11 M kalau kita beli 29 unit katanya Rp 7,8 M. Tapi bisa kita pakai 7 tahun. Lalu kita bisa lelang dan uangnya masih ada masuk kas daerah.

“Adapun mengenai biaya perawatan kan bisa dihitung betul-betul mana lebih untung,” kata Azhar seraya menganalogikan perhitungan bisnis, pasti lebih untung milik sendiri daripada kita menyewa.(SUSI)

Berita sebelumyaWarga Medan Denai Didakwa Lakukan Penipuan Modus Investasi Bodong
Berita berikutnyaKapolres Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 19 Personel Polres Batu Bara