Malamang, Meudayang, Kasab dan Rumah Rungko Ditetapkan Jadi WBTB Indonesia

77
Rumah Rungkon di Aceh Selatan ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya tak benda Indonesia

garudaonline-Tapaktuan | Empat Karya Budaya Aceh Selatan, Malamang, Meudayang, Kasab dan Rumah Rungko telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia oleh negara, melalui Kemendikbud-Ristek RI.

Penetapan ini melalui sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2022 di Yogyakarta, Sabtu (1/10) lalu bersama 13 karya budaya lainnya yang diusulkan Pemerintah Aceh.

Seluruh usulan Pemerintah Aceh sebanyak 17 karya budaya tersebut, telah melalui tahapan verifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat oleh tim ahli yang kemudian ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Penetapan empat karya budaya ini disambut gembira segenap masyarakat Kabupaten Aceh Selatan.

“Alhamdulillah, sebagai bagian dari masyarakat Aceh Selatan, saya mengucap rasa syukur serta bangga, dengan ditetapkannya empat karya budaya warisan leluhur kami,” ujar Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran.

Bupat4i mengemukakan hal itu, melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta Zianur SH MI.Kom, Selasa (4/10/2022).

Bupati atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dan Kemendikbud-Ristek RI yang telah mengusulkan dan menetapkan empat karya budaya Aceh Selatan, menjadi bagian dari WBTB Indonesia.

Bupati juga menyampaikan, empat WBTB Indonesia dari Aceh Selatan sudah selayaknya bersama untuk terus menjaga dan merawat warisan budaya tersebut agar tidak hilang ditelan zaman.

“Dan kiranya ini menjadi motivasi bagi kita semua, terutama generasi muda untuk mengenal dan mempromosikan warisan budaya leluhur kepada dunia,” katanya.

Malamang atau tradisi memasak lemang, Meudayang atau tradisi mengambil madu lebah Buloh Seuma, Kasab atau sulaman benang emas khas Aceh Selatan, serta Rumah Rungko. (heri)

Berita sebelumyaPrajurit Kodim 0107/Aceh Selatan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Teuku Cut Ali
Berita berikutnyaPemko Medan dan Pemkab Dairi Capai Kesepahaman Draft Kerja Sama Penyediaan Komoditi Cabai