16 Tahun Penantian, Akhirnya 28 TK di Aceh Selatan Resmi Negeri

79
Bupati Tgk Amran dan mantan wakil Bupati Aceh Selatan diabadikan bersama kepala TK yang dinegerikan

garudaonline-Aceh Selatan | sebanyak 28 Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Aceh Selatan berubah status menjadi negeri setelah 16 tahun penantian, terakhir TK yang dinegrikan pada tahun 2006 silam.

Demikian disampaikan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam sambutannya saat meresmikan penegerian 28 TK se kabupaten di TK Dharma Wanita Gampong Lawe Melang, Kecamatan Kluet Tengah, Senin (28/11/2022).

“Kini, jumlah TK berstatus negeri tersebar di 18 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan bertambah menjadi 39 dari sebelumnya hanya 11 dan penegerian terakhirnya pada 2006,” terang Tgk Amran.

Bupati mengatakan, penegerian 28 TK merupakan bentuk keseriusan dan hadirnya pemerintah daerah di tengah masyarakat guna meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan agar terwujudnya sinergitas berbagai pemangku kepentingan layanan PAUD, secara holistik dan integratif.

Kenapa, karena sejak awal tahun 1990-an, dunia pendidikan di Indonesia telah menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai langkah awal memberikan rangsangan pendidikan dan membantu proses tumbuh kembang anak, sehingga memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan di tingkatan lebih lanjut.

Selain itu, TK adalah pondasi dari pendidikan karakter dan mitra keluarga, merupakan wadah bagi orang tua dan juga pendidik, untuk mempersiapkan para permata bangsa, sebagai calon pemimpin di masa mendatang.

“Karenanya kami mengharapkan, TK Negeri mampu mengembangkan diri untuk menjadi model pendidikan anak usia dini yang terbaik, dan terus berpacu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Aceh Selatan yang kita cintai,“ harap Bupati.

Sebelumnya. pada acara yang turut dihadiri mantan Bupati Aceh Selatan Tgk Husin Yusuf, para pejabat lingkup Setdakab Aceh Selatan, anggota legislatif, Bunda PAUD dan Kepala TK se-Kabupaten Aceh Selatan, Muspika Kluet Tengah, Komite Sekolah dan undangan.

Kadisdikbud Aceh Selatan Akmal AH SPd mengatakan, penegerian ini mustahil terwujud tanpa kerja sama dan dukungan semua pihak.

“Kami tidak pernah menyerah dan putus asa untuk meraih harapan dan impian ini. Alhamdulillah hari ini impian itu dapat terwujud,” kata Akmal.

Pada kesempatan itu, Akmal juga menyampaikan rasa bangga masyarakat Aceh Selatan terhadap Julia Amalia Hasibuan SPd, Kepala TK Insan Madani Meukek, merupakan orang kelima dari ribuan TK di Indonesia, sebagai Kepala TK Inspiratif Tingkat Nasional.(HR)

Berita sebelumyaKetua DPRDSU : Imej Sumut ‘Semua Urusan Mesti Uang Tunai” Harus Dihilangkan
Berita berikutnyaMarak Tawuran, Polrestabes Medan Gelar Rakor