Siswa MAN Batu Bara Juara Harapan II Nasional Ajang MRC 2022

64
Choiri dan Hafiz, siswa MAN Batu Bara diabadikan bersama robot hasil karya mereka

garudaonline-Batu Bara | Madrasah Aliah Negeri (MAN) Kabupaten Batu Bara, berhasil menorehkan prestasi gemilang dan cukup membanggakan.

Yakni, meraih juara harapan II nasional ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 yang diikuti 180 Madrasah se-Indonesia di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pada ajang MRC tingkat nasional tersebut, tim robotik MAN Batu Bara diwakili Muhammad Choiri dan Hafiz Alwin Hanafi, siswa kelas XII MAN Batu Bara untuk pertama kalinya berhasil meraih Juara Harapan II (posisi kelima) kategori Batle Robot tingkat Madrasah Aliyah.

Ini pertama kalinya bagi mereka, karenanya keduanya sangat terkesan dan bangga. Soalnya, sangat  banyak saingan ternyata membuat mereka terpacu untuk meraih kemenangan.

Kepala MAN Batu Bara, Erwin Parlindungan Nasution SAg MM, hanya bisa mendukung dan terus memfasilitasi segala keperluan yang dibutuhkan untuk perlombaan tersebut.

“Selebihnya Choiri, Hafiz dan pembimbingnyalah yang berusaha keras memenangkan ajang tersebut,” ungkap Erwin Parlindungan, Kamis (1/12/2022).

Dijelaskan Erwin, setiap madrasah pada ajang yang digelar 21 hingga 23 November 2022 tersebut diwakili dua siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah yang mempertunjukkan kebolehan robot ciptaan mereka.

Kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Agama tersebut mengusung tema “The Next Generation of Robots : Making Better Life”.

Ajang itu menampilkan 180 robot dari 180 Madrasah se-Indonesia dari tiga jenjang dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Robot hasil karya MAN Batu Bara adalah satu dari sekian banyaknya robot yang terbaik hingga bisa meraih Juara Harapan II.

Choiri dan Hafiz mengaku senang dan bangga atas pencapaian yang mereka lakukan. Ini semua berkat doa dan dukungan dari warga MAN Batu Bara.

Sebelumnya mereka tidak pernah menduga akan mampu membuat robot, kendati hasil yang dicapai hanya Juara Harapan II.

“Tapi kami berharap adik-adik dan teman-teman lainnya mampu meraih tiga besar di ajang MRC tingkat nasional tahun depan,” harap Hafiz memberi semangat.(SUSI)

Berita sebelumyaKapolrestabes Medan dan Bupati Deliserdang Koordinasi Tingkatkan Kerjasama
Berita berikutnyaReses Ketua DPRDSU Baskami Ginting : Warga Keluhkan Bansos Tak Tepat Sasaran