Disdukcapil Buka Layanan di Plaza Medan Fair, Ini Respon Warga..!!

34
Disdukcapil buka layanan di Plaza Medan Fair disambut antusias warga. (Garudaonline/ist)
Disdukcapil buka layanan di Plaza Medan Fair disambut antusias warga. (Garudaonline/ist)

garudaonline – Medan l Kegembiraan terpancar di wajah Agintina. Dengan membawa selembar map, warga Jalan Dorowati itu memasuki kafe di lantai satu Plaza Medan Fair, kemarin sore.

Di dalam map tersebut, terdapat KTP seumur yang baru siap diurusnya melalui program Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Medan di lokasi yang tidak  jauh dari kafe tersebut.

“Saya ngurus KTP seumur hidup,” ungkapnya seraya memuji program pelayanan keliling ini.

“Program ini baik. Kita bisa jalan-jalan di mal sama keluarga sambil ngurus KTP. Saya harap program ini terus dilanjutkan karena sangat membantu masyarakat,” tambahnya.

Senada, Medi, warga Medan Perjuangan berpendapat program pelayanan keliling administrasi kependudukan ini sangat membantu, termasuk untuk warga yang masih sekolah dan pertama sekali mengurus KTP.

“Seperti adik saya ini. Dia bisa mengurus KTP sepulang dari sekolah,” ujarnya.

“Terima kasih kepada Pak Bobby Nasution atas program ini. Pelayanan seperti ini merupakan salah perubahan yang baik di Kota Medan,” tambahnya.

Medi dan Agintina merupakan dua dari ratusan warga Medan yang memanfaatkan Program Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Medan pada Februari 2023 di Plaza Medan Fair.

Melalui program ini, warga dapat mengurus berbagai dokumen administrasi kependudukan tanpa perlu ke kantor pemerintahan.

“Ini merupakan program jemput bola untuk membantu warga Medan mengurus administrasi kependudukan. Ini baru pertama kita buat di mal,” sebut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Medan, Baginda P Siregar saat ditemui di sela-sela kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, program layanan keliling di Plaza Medan Fair ini berlangsung setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu selama bulan Februari, pukul 15.00 sampai 20.00 WIB.

“Seperti yang kita lihat, warga cukup antusias memanfaatkan program ini. Mudah-mudahan dapat kita layani secara maksimal,” sebutnya.

Dalam program ini, warga bisa mendapatkan pelayanan perekaman KTP elektronik pemula usia 17 tahun, penggantian KTP rusak, penggantian KTP hilang disertai surat kehilangan dari kepolisian, Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kelahiran, dan Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui ponsel android.

“Biasanya, layanan yang sesuai dengan SOP kita selama empat hari kerja. Dalam program ini layanan kita buat satu hari siap. Gratis, tanpa dipungut biaya,” ujarnya.

Baginda mengatakan, Wali Kota Medan Bobby Nasution selalu mendorong agar perangkat daerah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk soal administrasi kependudukan. Menindaklanjuti itu, pihaknya pun melakukan jemput bola melalui program layanan keliling ini.

“Kita jemput bola melayani administrasi kependudukan warga Medan. Kita buat layanan keliling di mal. Sambil jalan-jalan di mal, warga pun jadi bisa urus administrasi kependudukan,” ucapnya.

Menurut Baginda, warga cukup antusias menyambut program ini. Sosialisasi program yang dilakukan melalui akun medsos Pemko Medan maupun langsung oleh pengelola Plaza Medan Fair kepada para pengunjung cukup jitu. Data yang dihimpun menunjukkan, pada Jumat (3/2), warga yang mengurus Akte Lahir sebanyak 57, KTP sebanyak 180, KIA sebanyak 150, dan IKD sebanyak 112.

Pada Sabtu (4/2) warga yang mengurus Akte Lahir sebanyak 61, KTP sebanyak 192, KIA sebanyak 61, dan IKD sebanyak 198.

Sedangkan pada Minggu (5/2) warga yang mengurus Akte Lahir sebanyak 31, KTP sebanyak 272, KIA sebanyak 88, dan IKD sebanyak 98.

“Layanan keliling administrasi kependudukan ini salah satu usaha kita meningkatkan pelayanan publik. Dan komitmen ini akan tetap kita jalankan sebaik-baiknya,” tutup Baginda. (DOD/Rel)

Berita sebelumyaCegah Aksi Tawuran, Kecamatan Medan Deli Bentuk Satgas Medan Kondusif
Berita berikutnyaMahmud Lubis : Lima Program PT AR di Muara Hutaraja Tapsel, Gagal Total