Rismandianto Karo-karo : Pembentukan FKDM untuk Membantu Instrumen Negara

464

garudaonline-Langkat | Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) lahir berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2018, tentang kewaspadaan dini di daerah.

Hal itu diungkapkan Ketua FKDM Kabupaten Langkat, H Rismandianto Karo-karo SPdI MM kepada garudaonline, Kamis (1/4/2021) di Stabat.

Rismandianto, yang baru saja kembali dari kunjungan kerja ke FKDM Kota Langsa menjelaskan, pembentukan FKDM lahir untuk membantu instrumen negara.

Baik dalam bidang urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi kencenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.

Di samping itu, tambah Rismandianto Karo-karo, pembentukan FKDM Kabupaten Langkat berdasarkan Surat Keputusan Bupati Langkat.

Ketika disinggung tugas FKDM, Risman menyebutkan, tugas FKDM di antaranya menjaring, menampung, mengoordinasikan, mengomunikasikan data dan informasi dari masyarakat.

Yakni, berkaitan dengan potensi ancaman dari sektor keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini.

Karena itu, tambah Risman, wilayah tugas FKDM Langkat yang tersebar di 23 kecamatan dengan letak geografis cukup signifikan memerlukan kewaspadaan menyiasati hal-hal mungkin akan terjadi.

Selain itu, FKDM Kabupaten Langkat juga dapat memberi rekomendasi sebagai pertimbangan bagi bupati, mengenai kebijakan berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat.

Untuk itu, para pengurus FKDM perlu melakukan lawatan atau kunjungan kerja untuk melakukan perbandingan tentang bagaimana upaya penanggulangan secara dini di daerah lain.

“Kunjungan kerja kami lakukan kali ini ke FKDM Langsa. Apa yang kami dapat dari FKDM Kota Langsa diharapkan bisa menambah cara dan meningkatkan kualitas kinerja FKDM di Langkat,” ujar Risman.(SLM)

Berita sebelumya14 Ribu Personel Amankan Hari Paskah
Berita berikutnyaPelindo 1 Dumai Ekspor Peti Kemas ke Port Klang Malaysia