Pemkab Asahan Akan Bangun Balai Latihan Kerja

397
Wakil Bupati Asahan Taufik Siregar saat mengunjungi kantor BBPLK di Medan. (garudaonline/ hamdan rangkuti)

garudaonline-Kisaran | Pemerintah Kabupaten Asahan siap membangun sebuah tempat untuk melatih para calon pekerja atau biasa disebut Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Asahan.

Rencana pembangunan BLK ini dimaksudkan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan memiliki keahlian di bidangnya sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Asahan, “Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter”.

Wakil Bupati Asahan Taufik Siregar mengemukakan hal itu, Rabu (7/4/2021). Menurut wabup, saat ini banyak angkatan kerja lulusan SMP dan SMA sederajat, sementara persaingan di dunia usaha semakin ketat.

“Banyak di antara mereka akhirnya tidak diterima di pasar kerja, karena kompetensi dibutuhkan perusahaan tidak sesuai dengan pencari kerja,” ujar Taufik Siregar, usai melakukan kunjungan ke Kantor BBPLK di Medan, Rabu (7/4/2021).

Wakil Bupati Asahan menyebutkan, salah satu langkah yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Asahan adalah menghadirkan BLK agar pencari kerja terlebih dulu dilatih sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Dengan begitu, kita harapkan Sehingga ketika mereka melamar pekerjaan bisa langsung diterima, karena kompetensinya jelas sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” kata wabup.

Wakil bupati menambahkan, nantinya akan banyak pelatihan yang disediakan dan kemungkinan akan mengadopsi negara-negara maju.

Misalnya, program yang disediakan meliputi in house training dan on the job training untuk kejuruan, mesin industri, elektronika industri mekatronika dan sebagainya.

Dengan mengikuti program ini, lanjut Taufik, nantinya peserta dibekali pelatihan dengan kompetensi untuk mengantisipasi perubahan teknologi dan kualifikasi pekerjaan yang berubah cepat.

“Selepas mengikuti diklat mereka akan memiliki sertifikasi khusus, sehingga kompetensinya akan dihargai dengan jelas dan legal,” pungkas Wabup Taufik Siregar.(Hans)

Berita sebelumyaBuronan Penggelapan Motor Ditangkap di Labuhanbatu
Berita berikutnyaKondisi Masyarakat Adat di Sumut Terus Terancam