Hj Henny Pratiwi SP MM, Dosen yang Kreatif dan Aktif Berorganisasi

984
Hj Henny Pratiwi SP MM

Keterlibatannya dalam berbagai wadah organisasi sejak masih menjadi mahasiswa hingga berstatus sebagai dosen, membuat Hj Henny Pratiwi SP MM memiliki pergaulan cukup luas. Tak cuma di kalangan akademisi, juga di kalangan praktisi dan politisi.

Saat berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian UISU, Henny aktif di organisasi ekstra kampus (Himpunan Mahasiswa Islam-HMI), yang disebutnya telah banyak memberikan manfaat baginya hingga saat ini.

Henny mengungkapkan, aktif berorganisasi di HMI membuat dirinya bisa mandiri. Berkat HMI pula, dia mengaku memiliki banyak relasi, networking menjadi luas dan banyak sahabat. “Kebersamaan itu lebih dari saudara,” kata Henny.

Setelah menjadi dosen di berbagai kampus, Henny juga dikenal kreatif dan memiliki mobilitas tinggi. Dia tidak hanya aktif di Forum Alumni HMI Wati (Forhati) Medan dan
KAHMI Sumut, melainkan juga aktif di berbagai organisasi lainnya.

Seperti dipercaya menjadi Ketua Umum Srikandi Tipikor Sumut 2020, Wakil Ketua Korps KBPP Polri Sumut, pengurus Bank Infak Sumut, Bendahara LPM Kelurahan Rengas Pulau.

Wakil Bendahara Umum DPD LSM Penjara Sumut, pengurus FASI Sumut, Muslimat NU Medan, serta pernah menjadi caleg DPRD Medan 2014-2019 di Medan Utara.

Dia maju menjadi caleg, karena memiliki niat tulus ingin meningkatkan kualitas pendidikan dan memajukan UKM di Medan Utara saat itu. Dan, sebelum menjadi dosen, Henny pernah menjadi Koordinator UISU Kampus Marelan.

Henny merupakan penggagas keberadaan keberadaan UISU di Marelan. “Saat itu fakultas yang saya kelola, Ekonomi Pembangunan dan FKIP,” ungkap wanita yang dikenal gigih dan pekerja keras ini.

Saat ini, Henny tercatat sebagai Dosen Tetap Yayasan Politeknik LP3I, Sekretaris Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UISU, Sekretaris Wilayah ICSB Sumut 2020-2023, dan lainnya.

Selain aktif berorganisasi, Henny juga sangat rajin membaca buku. “Sebagai seorang dosen, saya harus selalu menyempatkan diri membaca buku, supaya wawasan terus bertambah luas dan tidak ketinggalan informasi,” ujarnya.

Berbuat yang Terbaik

Sedangkan, dalam melakoni kehidupan, perempuan kelahiran Mambang Muda 13 Januari 1981 ini mengatakan, dalam mengerjakan apa pun, dirinya selalu berusaha berbuat yang terbaik.

“Setelah bekerja dan berbuat maksimal, selebihnya kita pasrahkan kepada kehendak Sang Khaliq, Allah azza wa jalla,” kata ibu tiga putri ini (Helma Diana Putri, 16 tahun, Ratu Karin Hasanah 6 tahun, Kanaya Carissa Inara 3 tahun).

Berbekal kerja keras dan keinginan selalu berbuat yang terbaik itu pula, membuat Henny banyak diberi kesempatan mendedikasikan ilmunya di berbagai perguruan tinggi di Kota Medan.

Di antaranya dia pernah menjadi dosen di Universitas Al-Azhar, Universitas Prima Indonesia, STIE Tricom, Fakultas Pertanian UISU, dosen pendamping program belajar
bekerja terpadu UMKM dari UISU, dan dosen penilai Gerakan Mahasiswa Pengusaha (GMP) 2018 program Kementerian UMKM.

Terdapat sejumlah mata kuliah yang dipercayakan kepada Henny. Di antaranya manajemen sumber daya manusia (MSDM), kewirausahaan, perencanaan bisnis, komunikasi bisnis, ekonomi mikro, simulasi bisnis, ekonomi sumber daya alam dan lingkungan, ekonomi regional, penyuluhan pertanian, manajemen pemasaran, manajemen agribisnis, pembangunan pertanian berkelanjutan, dan lainnya.

Karena ingin selalu berbuat yang terbaik, termasuk dalam melakukan transfer ilmu (knowledge transfer) kepada anak didiknya, membuat Henny tak pernah berhenti menggali
ilmu dengan melahap berbagai jenis buku.

Keharusan untuk rajin membaca berbagai jenis buku itu, juga dikarenakan perempuan energik yang smart and humble ini memiliki motivasi kuat untuk menuntaskan pendidikannya hingga jenjang S3.

Sedangkan, jenjang pendidikan Strata 2 (Magister Manajemen) sudah berhasil diselesaikannya dengan baik pada 2010 yang lalu.

“Keharusan untuk terus belajar ini, sejalan dengan anjuran di dalam agama kita (hadits), agar menuntut ilmu dari buaian hingga akhir hayat,” kata Henny, seraya tersenyum manis.(UJUNG)

Berita sebelumyaDi Sela Penyekatan Mudik, Polres Labuhanbatu Kembali Tes Urine Awak Kendaraan Umum
Berita berikutnyaKasetukpa Polri-Ketua Bhayangkari O4 Setukpa: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah