Ketua BKPRMI Langkat Imam dan Khatib Salat Ied di Masjid Al-Ikhwan

541
Ketua BKPRMI Langkat Edi Sahputra SPdI MM

garudaonline-Langkat | Terdapat tiga dosa yang akan disegerakan siksanya di dunia ini, juga tidak akan ditangguhkan pada hari akhirat.

Ketiga dosa itu adalah durhaka kepada orang tua, berbuat zalim kepada manusia, dan tidak berterima kasih kepada kebaikan orang lain.

Hal itu disampaikan Ketua BKPRMI Langkat, Edi Sahputra SPdI MM dalam khutbah Salat Ied di Masjid Al-Ikhwan Sanggar Kwala Bingai Stabat, Kamis (13/5/2021).

Selain itu pesan khutbah yang juga disampaikan panglima mujahid masjid ini adalah mengangkat kasih sayang orang tua kepada kita.

Jika kita selama ini kurang berkhidmat kepada orang tua, atau selama ini kita lalai bahkan kita melupakan mereka, bahkan kita dengan sengaja menyakiti hati kedua orang tua.

“Maka datang dan bersimpuhlah di kaki kedua orang tuamu, cium kedua tangan ibu yang telah menimangmu di waktu bayi,” pesan Edi Sahputra.

Edi juga menjelaskan, dosa yang tidak dapat ditangguhkan Allah SWT adalah jangan pernah merampas hak orang lain, karena itu suatu perbuatan zalim, atau menyakiti hati mereka dengan penghinaan atau cacian.

Sebagaimana dijelaskan dalam surah Al Ahzab 58 yang mengatakan “Orang-orang yang menyakiti mukminin dan mukminat bukan karena apa yang mereka lakukan, sungguh mereka telah memikul fitnah besar dan dosa yang nyata”.

Untuk itu, pesan akhir dari khutbah Salat Ied ini, khatib mengajak 500 jemaah mengisi sisa hidup kita di dunia ini dengan menyayangi kedua orangtua kita yang masih ada.

Selain itu, mari kita berupaya untuk meninggalkan upaya untuk menyakiti hati orang lain dan mari kita senantiasa tau bersyukur apa yang telah diberi orang lain kepada kita.

Ada satu pesan khutbah yang menjadi renungan bagi kita semua. Doa ini yang di bulan Ramadan harus kira baca. Namun doa ini bisa menjadi renungan buat kita walau Ramadan telah berpisah dengan kita.

Doa itu adalah “Tuhanku para pengemis telah berhenti di depan pintuMu. Orang-orang fakir tengah berlibdung di hadapanMu.

Perahu orang-orang miskin tengah berlabuh pada tepian lautan kemurahanMu dan keluasanMu, berharap dapat singgah di jalan kasihMu dan anugerahMu.

Semoga khutbah ini bermanfaat bagi kita dalam usaha untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Mari di bulan Syawal ini kita tingkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Lakukan silaturahmi kepada jiran tetangga agar tidak terputus kasih Allah pada kita, serta tidak terputus hablum minnannas,” ajaknya.(SLM)

Berita sebelumyaWarga Belawan Tewas Dibantai Teman
Berita berikutnyaRumah Danil M Daud Terbakar, Mukhlis Takabeya Beri Bantuan