Kecam Israel, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sumut Dukung Perjuangan Rakyat Palestina

538
Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sumatera Utara dukung perjuangan rakyat Palestina

garudaonline-Medan | Menyikapi aksi agresi militer Israel yang terus memorak-porandakan Palestina, sejumlah tokoh pemuda di Sumatera Utara yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina menyatakan sikap dan dukungan untuk perjuangan rakyat Palestina.

Aliansi itu terdiri dari elemen Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Sumut, Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Sumut, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Sumut, Gema Keadilan Sumut, Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI) Sumut, dan Garuda Keadilan Sumut.

“Kita konsisten mengutuk dan mengecam aksi zionisme yahudi yang melakukan tindakan agresif dan provokasi terhadap warga Palestina dan umumnya kepada umat muslim di seluruh dunia,” ujar Wasis Wiseso Pamungkas selaku salah satu inisiator kegiatan, Kamis (20/5/2021) di Medan.

Selain itu, Wasis mengecam tindakan pengecut dari Amerika Serikat yang selama ini selalu ada di balik ksi Zionisme Israel dan menyatakan rakyat Palestina yang sedang memperjuangkan harkat martabat dan tanah airnya sebagai teroris.

Melalui Sekjen Gema Keadilan, Abdul Jalil Ritonga, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina itu, menyeru berbagai pihak agar menyuarakan dukungan untuk perjuangan rakyat Palestina.

“Mendorong rekan-rekan dari Organisasi Masyarakat Sipil, Lembaga Kemanusiaan dan Tokoh Penggerak Aksi Kemanusiaan lainnya untuk dapat turut menyuarakan penghentian tindakan genosida atas nama apa pun dilakukan Zionis Israel terhadap Bangsa Palestina,” ujarnya saat menyampaikan pernyataan sikap.

Galang Bantuan

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina juga mengajak seluruh umat Islam agar menggalang bantuan untuk rakyat Palestina dengan memberikan dukungan nyata terhadap perjuangan rakyat Palestina baik secara moril maupun materiil.

Lebih jauh pihaknya mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera bertindak dan tidak diam menyaksikan penindasan tanpa henti Zionis Israel terhadap warga Palestina.

“Mendesak Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Liga Arab agar berinisiatif menggerakkan seluruh negara-negara Islam sedunia untuk memberikan dukungan terhadap Bangsa Palestina dan menuntut penguasa Zionis Israel ke Mahkamah Internasional atas kejahatan kemanusiaan terhadap warga Palestina,” ujarnya.

Sementara itu, kepada Pemerintah Indonesia, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda itu mengingatkan untuk secara nyata memberikan dukungan terhadap Bangsa Palestina dan menegakkan prinsip dasar kebangsaan merupakan amanat konstitusi, kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa.

Terakhir, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina itu menyebutkan, setelah menerima masukan dari berbagai pihak terkait protokol kesehatan, agenda bela Palestina akan terus dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan meminimalisir kerumunan massa dan tetap terapkan protokol kesehatan.(UJ)

Berita sebelumyaJualan Sabu di Medsos, Musleh Ritonga Diciduk Polisi Narkoba
Berita berikutnyaKriminalisasi Kelompok Tani Nipah Tanjung Pura Dibahas Kemenkumham Provsu