AKBP Eko Tjahyo Untoro Komandan Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2021

1379
Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumut AKBP Eko Tjahyo Untoro, S.H., S.I.K., M.H menjadi Komandan Upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Toba 2021

garudaonline – Medan | Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar upacara apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Patuh Toba 2021, di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Senin (20/9/2021).

Apel yang dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin ini dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si, sebagai Inspektur Upacara (Irup). Sementara itu, AKBP Eko Tjahyo Untoro, S.H., S.I.K., M.H ditunjuk menjadi Komandan Upacara (Danup).

Kapolda Sumut Irjen Pol Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si selaku Inspektur Upacara memeriksa pasukan yang menjadi peserta upacara didampingi Komandan Upacara AKBP Eko Tjahyo Untoro, S.H., S.I.K., M.H

Berdasarkan keterangan, AKBP Eko merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002, satu angkatan dengan Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H., S.I.K., M.H dan Kapolres Taput AKBP Ronald Fredy Christian Sipayung, S.H., S.I.K., M.H.

Pria kelahiran Dili, Timor Leste, 26 November 1980 tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Subdit Registrasi dan Identifikasi (Kasubdit Regident) Ditlantas Polda Sumut.

Eko juga pernah menjabat Koorspripim Spripim Polda Sumut, Kabag Ops Polres Tapin Polda Kalsel, Kapolsek Simpang Empat Polres Banjar, Kasatlantas Polres Hulu Sungai Selatan dan Kapolsek Alak Polres Kupang Kota.

Operasi Patuh Toba 2021 mulai diberlakukan hari ini, Senin (20/9/2021) hingga 3 Oktober 2021. Dalam amanatnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si mengucapkan terima kasih atas kesiapsiagaan para personel yang ada untuk ikut serta dalam pelaksanaan Ops Patuh Toba 2021.

“Kegiatan apel gelar pasukan Operasi Patuh Toba 2021 ini dilaksanakan berdasarkan surat telegram Kapolri,” ujarnya.

Kapolda Sumut menyampaikan tujuan dilaksanakannya Ops Patuh Toba 2021 ini yaitu agar terwujudnya protokol kesehatan oleh masyarakat dalam berkendara, menghindari kerumunan masyarakat, menjaga mobilitas serta tertib berlalu lintas.

“Pola tindakan dalam Operasi Patuh Toba 2021 adalah Simpatik Humanis dengan mengedepankan kegiatan preentif dan preventif,” sebut Kapolda.

Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari dengan melibatkan personel jajaran Polda Sumatera Utara serta didukung unsur kekuatan lainnya dari TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol – PP dan unsur masyarakat lainnya.

Adapun beberapa poin penekanan yaitu memberikan edukasi agar taat pada protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas. Melaksanakan kegiatan dengan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk menciptakan rasa simpatik kepada aparat penegak hukum, khusunya kepada Polri.

“Kegiatan ini juga melalui penyuluhan dan edukasi lainnya terkait protokol kesehatan dan ketentuan mobilitas masyarakat yang sudah ditentukan dari Surat Menteri Dalam Negeri, Tidak melaksanakan razia atau memeriksa surat – surat kendaraan bermotor atau tindakan lainnya yang membuat masyarakat tidak simpatik kepada kita semuanya,” paparnya.

Di akhir amanatnya, Kapolda Irjen Panca berharap semoga Operasi Patuh Toba 2021 ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta terwujudnya keamanan dan keselamatan serta tertib berlalu lintas.

(iwan/mulyadi)

Berita sebelumyaSuap Penyidik KPK, Walkot Tanjung Balai Nonaktif Muhamad Syahrial Divonis 2 Tahun
Berita berikutnyaPolres Langkat Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Toba 2021