Alat Pemantau Tilang Elektronik Dipasang di Raden Saleh dan Putri Hijau

426
Alat pemantau tilang elektronik. (Ist)
Alat pemantau tilang elektronik. (Ist)

garudaonline – Medan | Polda Sumut bersama pihak terkait sudah memulai tahap pemasangan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Medan. Kemungkinan tilang elektronik ini baru akan diluncurkan pada akhir April 2021 nanti.

“Tahap pemasangannya sudah dimulai dengan dukungan Korlantas Polri, dan direncanakan dilaunching akhir April nanti,” kata Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumut Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda kepada wartawan, Sabtu (10/4/2021).

Valentino menjelaskan, untuk saat ini titik pemasangan pemantauan pelanggaran lalu lintas berada di persimpangan Jalan Putri Hijau dan juga Jalan Raden Saleh, Medan.

Kemudian, nantinya akan dikembangkan secara bertahap di persimpangan jalan lainnya.

“Setelah launching, selanjutkan kita sosialisasikan sekira 2 minggu, sehingga masyarakat pengguna jalan benar-benar memahami,” jelasnya.

Valentino menerangkan, ETLE ini merupakan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan dibantu kamera CCTV. Karenanya pelanggar yang tercapture atau terekam kamera akan ditilang dengan e-Tilang setelah proses konfirmasi terlebih dulu.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, kota Medan akan menjadi lokasi pertama di Sumut diterapkannya tilang elektronik (e-Tilang).

“Kota Medan akan dijadikan sebagai percontohan. Diharap penerapan e-Tilang dapat meningkatkan kedisiplinan warga saat berkendara dialan raya,” ujarnya.

Hadi menjelaskan, ada beberapa hal terkait pelanggaran lalu lintas yang harus diperhatikan dengan diterapkannya sistem e-Tilang. Kata dia, e-Tilang akan menyasar kepada pengendara yang melakukan pelanggaran, seperti melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak mengenakan sabuk keselamatan, serta mengemudi sambil mengoperasikan ponsel.

“Kemudian, melanggar batas kecepatan, menggunakan plat nomor palsu, berkendara melawan arah, menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang dan tidak menyalakan lampu saat siang hari bagi sepeda motor,” pungkasnya. (DED)

Berita sebelumyaPolsek Medan Kota Ringkus Dua Pemilik Sabu
Berita berikutnyaKejaksaan Negeri Binjai Musnahkan Barang Bukti Narkotika