Anggaran Mobil Dinas untuk Beli Ambulans, Bobby Dinilai Paham Situasi Rakyat

151

garudaonline – Medan | Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengalihkan anggaran pembelian mobil dinas wali kota dan wakil wali kota untuk pembelian ambulans. Ambulans ini akan dipergunakan untuk mendukung vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door).

Keputusan Bobby Nasution ini menuai apresiasi. Bobby Nasution dinilai paham situasi dan mengedepankan kepentingan rakyat. Jika semua kecamatan ada mobil ambulans untuk mempercepat vaksinasi hingga ke lingkungan-lingkungan akan lebih baik.

“Ini namanya pejabat publik yang tahu situasi dan mengedepankan kepentingan rakyat,” kata Pengamat Sosial dan Budaya, Suyadi San di Medan, Kamis (26/8/2021).

Menurut Suyadi San keputusan Bobby Nasution ini patut diapresiasi. Hal ini lanjutnya, menunjukkan, sebagai pejabat publik Bobby Nasution sangat memahami situasi dan mengedepankan kepentingan rakyat.

“Pencoretan anggaran pembelian mobil dinas itu, kalau sudah sudah sesuai prosedur hukum sistem penganggaran, tidak mengapa. Pengalihan menjadi pembelian mobil ambulans kalau memang sesuai prosedur penganggaran, juga tidak mengapa,” ucapnya.

Saat ini, Kota Medan baru meliliki tiga ambulans, khusus untuk vaksinasi rumah ke rumah. Sebanyak dua ambulans milik Pemkot Medan yang sudah diserahkan kepada Kecamatan Medan Helvetia dan Medan Tuntungan. Sementara satu lagi milik Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumut yang memulai konsep vaksinasi rumah ke rumah.

Pencoretan anggaran pembelian mobil dinas dilakukan untuk menambahkan jumlah ambulans yang akan digunakan untuk percepatan program vaksinasi.

“Kemarin, saya sama Pak Wakil juga sepakat mobil dinas tahun ini dicoret saja, beli ambulans,” ungkap Bobby Nasution beberapa waktu lalu.

Bobby mengatakan, ambulans yang ini akan dilengkapi dengan cool box untuk penyimpanan vaksin. Dia berharap ambulans ini akan menunjang dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi secara door to door.

Pengalihan anggaran pembelian mobil dinas menjadi ambulans ini akan diakomodir dalam Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (PAPBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2021. Hampir bisa dipastikan pengalihan ini akan disetujui oleh DPRD masuk dalam PAPBD.

Plt Kasubbag Perlengkapan Bagian Umum Setdako Medan, Rudi Hadian Siregar menambahkan jumlah ambulans yang akan diadakan dari pengalihan anggaran pembelian mobil dinas ini sebanyak dua unit. Dia juga mengatakan, pengalihan ini dibenarkan oleh ketentuan peraturan perundangan.

(Nor)

Berita sebelumyaRaih TPID Award 2020, Sumut Terbaik di Sumatera
Berita berikutnyaKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Mutasi 4 Kapolres di Sumut