Baru 100 Tenaga Medis di Sumut yang Divaksin Moderna

212
Vaksin Covid-19 Moderna (Foto: AFP)

garudaonline – Medan | Capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga bagi tenaga medis di Sumatera Utara (Sumut) masih rendah.

Dari 79 ribu tenaga medis di Sumut, baru seratusan orang yang sudah mendapat booster atau dosis ketiga menggunakan jenis vaksin Moderna.

“Capaian dosis ketiga masih rendah di angka ratusan orang dari total 79 ribu tenaga medis di Sumut,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah, Rabu (11/8/2021).

Aris menyebutkan jumlah vaksin moderna yang diterima Pemprov Sumut terbatas. Selain itu kabupaten/kita di Sumut terkendala coldroom atau tempat penyimpanan khsusus vaksin moderna.

“Moderna dosis ketiga masalahnya tempat penyimpan. Karena coldroom minus 30 untuk moderna. Banyak kabupaten/kota yang terpaksa harus menyiapkan coldroom nya dulu baru mengambil vaksinnya. Kecuali fasilitas kesehatan vertikal seperti RSUP H Adam Malik. Itu udah ngambil,” paparnya.

Menurut Aris dari 33 kabupaten/kota di Sumut baru enam daerah yang memiliki coldroom. Sisanya masih belum mengambil vaksin moderna karena masih mempersiapkan coldroom.

“Baru 5 atau 6 kabupaten kota yang sudah ngambil di antaranya Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara. Jumlah nakes kita itu 79 ribu orang. Vaksin yang datang baru 70 ribu an vial,” paparnya.

Sementara itu vaksinasi kesatu dan kedua bagi tenaga medis, menurut Aris capaiannya sudah lebih 100 persen. Di sisi lain, Aris menyebutkan jumlah vaksinasi di Sumut saat ini naik menjadi 10 persen dari sebelumnya 6 persen.

“Vaksinasi biasa karena kita kejar dosis kedua. Jadi angka dosis dua sudah naik menjadi 10 persen dari 6 persen. Karena vaksin yang ada kita fokuskan ke vaksin ke dua,” bebernya.

(Nor)

Berita sebelumyaKeuangan Syariah Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi
Berita berikutnyaASN Perempuan Meninggal Setelah Terlindas Truk di Simpang STM