BI Prediksi Inflasi Sumut Meningkat Tahun Ini

216
KPwBI Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo (Tribun Medan/ Septrina Ayu Simanjorang)

garudaonline – Medan | Inflasi Sumatera Utara tahun 2021 diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun 2020. Tren kenaikan ini telah mulai terlihat dalam tiga bulan terakhir.

Kenaikan tekanan inflasi seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian didukung percepatan program vaksinasi oleh pemerintah.

“Selanjutnya aktivitas perekonomian pada beberapa industri seperti otomotif juga telah mulai beroperasi meski masih terbatas. Dengan perkembangan tersebut, realisasi inflasi Sumut tahun 2021 diproyeksikan masih berada pada rentang sasaran nasional 3%±1%, dengan potensi bias bawah,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya pembatasan kegiatan yang diterapkan sejak tanggal 3 Juli 2021 di sejumlah daerah berjalan efektif, tercermin dari mobilitas masyarakat yang tertahan. Namun hasil SK dan SPE menunjukkan bahwa PPKM turut berpotensi memperlambat akselerasi pertumbuhan utamanya konsumsi rumah tangga.

“Pelaku usaha dari hasil Liaison mengonfirmasi adanya penurunan permintaan domestik dan harga jual memasuki triwulan III 2021. Di sisi lain terdapat angin segar dari eksternal, di mana kinerja ekspor terus menguat ditopang apresiasi harga komoditas dan perbaikan PMI mitra dagang,” urainya.

Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara pada tahun 2020 tambah Soekowardojo mengalami kontraksi yang cukup dalam -1,07% (yoy). Dengan adanya rebound ekonomi yang terjadi pada triwulan II-2021, diproyeksi pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2021 akan terus terakselerasi.

“Meskipun perkembangan kasus positif COVID-19 serta penerapan kebijakan
PPKM Level 4 diprakirakan akan menahan laju permintaan domestik, namun upaya akselerasi vaksinasi diproyeksi menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi. Pada
keseluruhan tahun 2021, ekonomi Sumut diprakirakan akan terakselerasi dengan potensi bias bawah, sejalan dengan pelaksanaan kebijakan PPKM Level 4,” bebernya.

(Nor)

Berita sebelumyaBerkas OTT Camat Padang Tualang Dilimpahkan ke Jaksa
Berita berikutnyaMendiang H Anif, Ayah Wagubsu Dimakamkan di Halaman Masjid Al Musanif