Bobby Nasution Resmikan SPKLU Pertama di Sumatera Utara

210
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meresmikan SPKLU di Halaman PLN ULP Medan Kota yang terletak di Jalan Listrik No 8 Kota Medan, Kamis (9/12/2021)

garudaonline – Medan | Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Halaman PLN ULP Medan Kota yang terletak di Jalan Listrik No 8 Kota Medan, Kamis (9/12/2021). Bahkan Bobby berkesempatan menjajal salah satu mobil listrik di sana.

“Ini hal baru, pertama di Sumut di Kota Medan telah ada SPKLU. Tentu ini sebuah terobosan baru di Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia. Seharusnya perkembangannya juga harus besar. Sebagai kota metropolitan kita bisa ikuti perkembangan zaman,” kata Bobby.

Namun Bobby pun berharap agar kemajuan zaman diiringi dengan upaya melestarikan lingkungan. Dan dengan mendukung program mobil listrik adalah satu upaya menjaga lingkungan dari emisi.

“Kemajuan zaman kita ikuti bahkan kita harus unggul namun dampak lingkungan harus dijaga. Kegiatan sehari-hari kita harus kurangi dampak lingkungan salah satunya dengan beralih ke tenaga listrik. Baik untuk untuk lingkungan karena tak ada emisi gas buang, bahan bakar bisa diperbarui, jadi mobil atau kendaraan listrik ini banyak dampak positifnya,” lanjut Menantu Presiden Jokowi itu.

Ke depan, Bobby juga mendukung agar SPKLU lebih banyak lagi dibangun di Kota Medan. Bahkan keterangan dari pihak PLN, satu unit SPKLU juga akan didirikan di Balai Kota Medan.

“Dengan adanya SPKLU ini akan lebih menstimulus masyarakat di Medan yang hari ini masih pikir-pikir beli kendaraan listrik. Kalau makin banyak SPKLU di Medan akan makin banyak juga penggunanya. Mau di pasang juga di Kantor Pemko Medan katanya, ini mancing nampaknya agar kita pakai kendaraan listrik juga. Memang perkembangan era hari ini bisa jaga lingkungan dengan penggunaan kendaraan listrik semakin luas,” pungkas Bobby.

Sementara General Manager PLN UIW Sumatra Utara, Pandapotan Manurung, menyebutkan, PLN menyambut baik program pemerintah dalam penggunaan kendaraan dengan energi ramah lingkungan secara masif.

Untuk mendukung ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) diwujudkan dengan terus menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai daerah

“Kami akan segera mengoperasikan beberapa SPKLU di lokasi strategis lainnya. Dalam hal ini PLN membuka peluang bisnis bagi yang berminat untuk berkolaborasi dengan penyediaan SPKLU, karena PLN sudah menyediakan skemanya,” ujar Pandapotan.

Untuk mempermudah investor, PLN juga telah meluncurkan website khusus untuk layanan kemitraan penyediaan SPKLU. Website ini ditujukan untuk memfasilitasi pihak ketiga yang ingin membangun SPKLU.

Tak hanya itu saja, PLN juga sudah mengembangkan platform Charge.IN yang terintegrasi dengan superapps PLN Mobile untuk memberikan kemudahan kepada pengguna kendaraan listrik dalam memonitor lokasi SPKLU yang terdekat dan aktif, riwayat pembelian listrik pada saat pengisian, riwayat penggunaan listrik pada kendaraan dan memulai proses pengisian.

(Nor)

Berita sebelumyaKapolri: Buku ‘Bhayangkara Sejati Mengabdi Tanpa Henti’ Jadi Renungan Polri untuk Jadi Lebih Baik
Berita berikutnyaKelilingi Pulau Jawa, KAI dan BNPT Selenggarakan Dialog Wawasan Kebangsaan dan Antiradikalisme