Bupati Bireuen : Di Tengah Pandemi, Pertanian Garda Terdepan Penuhi Kebutuhan Pangan

158
Bupati Muzakkar A Gani dan anggota DPR-RI Muslim diabadikan bersama peserta pembukaan Bimtek di Aula Setdakab Lama Bireuen. (garudaonline/ Suherman Amin)

garudaonline-Bireuen | Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) hilirisasi inovasi teknologi pengembangan, mendukung komoditas unggulan pertanian di Aula Setdakab Lama Kabupaten Bireuen, Rabu (11/8/2021).

Pelaksanaan Bimtek yang diikuti 71 orang terdiri atas 17 Kepala Badan Penyuluh Pertanian, 3 Kepala Bidang dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan serta 51 petani andalan dari 17 kecamatan di wilayah Bireuen dibuka Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi

Bupati Bireuen dalam sambutannya menyebut, di tengah situasi dan kondisi mewabahnya pandemi virus corona bisa dipastikan perubahan pangan dan ketahanan pangan keluarga menjadi trending topic, tak kalah menariknya dengan isu covid itu sendiri.

Disebutkan, menjawab kebutuhan pangan di tengah terpaan pandemi Covid-19, tentu peran sektor pertanian akan menjadi gardu terdepan untuk memberikan jawaban.

Dalam kaitan tersebut, Bupati Muzakkar A Gani mengucapkan terima kasih kepada BPTP Aceh yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek Inovasi Teknologi Balitbangtan sebagai upaya turut memajukan pembangunan pertanian di Bireuen.

Sebelumnya, Kepala BPTP Aceh, Ir M Ferizal MSc dalam laporannya mengatakan, pihaknya berupaya melakukan pendampingan terhadap kelompok tani maupun penyuluh lapangan guna mendukung percepatan peningkatan nilai tambah produk-produk unggulan lokal melalui penerapan inovasi.

“Bimtek hilirisasi inovasi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) penerapan dalam bentuk pendampingan bagi kelompok tani dan penyuluh pertanian prioritas kita fokuskan,”jelasnya.

Penggunaan teknologi tetap eksisi dimaksimalkan agar produk unggulan dihasilkan bisa berdaya saing dengan kecanggihan dari teknologi terus berkembang memudahkan kelompok tani mendapatkan informasi terbaru bagi kegiatan dilaksanakan.

Dilaporkan, kegiatan tersebut terlaksana berkat kerja sama Balitbangtan Aceh dengan Komisi IV DPR RI, memokuskan pada bidang pertanian yang mayoritas penduduk Aceh merupakan petani yang menggantungkan hidupnya dari sektor tersebut.

Hadir pada acara pembukaan, Kepala Balitbangtan Aceh, M Ferizal, anggota DPR-RI Muslim, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mukhtar Abda serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen, Irwan. (HERA)

Berita sebelumyaPangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim Apresiasi Arema Pelopor Vaksinasi
Berita berikutnyaTerdampak Pandemi, Pekerja Seni Medan Mengamen di Perempatan Jalan