Bupati Langkat : Perlu, Deteksi Dini Ancaman di Tengah Masyarakat

143
Staf Ahli Bupati, Rudi Kinendung, saat menyampaikan sambutan

garudaonline-Langkat | Kondisi Kabupaten Langkat saat ini cukup banyak potensi konflik terjadi di tengah masyarakat yang perlu diantisipasi dengan upaya pencegahan agar tidak makin meluas.

Hal itu disampaikan Bupati Langkat dalam pidato arahan dibacakan Drs Rudi Kinandung MAP, staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik pada acara pembukaan peningkatan dan pengembangan SDM FKDM Langkat di bidang intelijen dan kewaspadaan dini, Kamis (18/11/2021) di Bukit Lawang Bahorok.

Pada kesempatan itu, bupati juga mengatakan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) hadir dan dibentuk untuk membantu pemerintah dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

“Untuk itu, sangat diperlukan upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana,” ujar bupati.

Diharapkan kepada anggota FKDM harus bekerja seperti cara kerja intelijen yang berfungsi sebagai pemberi informasi, harus tahu diri, informasi dini, lapor dini dan cegah dini.

Kepada seluruh peserta diharapkan dapat mengukuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan benar-benar dipahami, sehingga selesai kegiatan menambah pengetahuan dan wawasan dalam melaksanakan tugas untuk membantu pemerintah daerah.

Sebelumnya, Ka Kan Kesbangpol Langkat Faisal Badawi menyampaikan, kegiatan peningkatan dan pengembangan SDM FKDM bidang intelijen dan kewaspadaan dini dilaksanakan sebanyak 2 angkatan.

Untuk angkatan ke-1 dilaksanakan 16-18 November 2021 di objek wisata Bukit Lawang dan angkatan ke-2 pada 24-25 November 2021 di objek wisata Tangkahan Batang Serangan.

Peserta terdiri seluruh pengurus FKDM Kecamatan SE Kabupaten Langkat, utusan FKUB dan FKP. Nara sumber dari Kodim 0203 Langkat, Polres Langkat

Turut hadir mewakili Kapolres Langkat dihadiri AKP PH Hutagaol SH, HP Harahap Ketua FKUB Langkat, mewakili Camat Bahorok, Ketua dan Pengurus FKDM Langkat dan FKDM di 10 Kecamatan.(SLM)

Berita sebelumyaKejari Tetapkan Dua Tersangka Baru Dugaan Korupsi CCTV Dishub Binjai
Berita berikutnyaKetua DPRDSU Baskami Ginting : Saatnya Sumut Miliki Perda Disabilitas