Bupati Rocky, TNI/Polri dan Pemkab Aceh Timur Siap Tanggulangi Karhutla

172

garudaonline-Aceh Timur | Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib SH mengatakan, TNI, Polri dan Pemkab Aceh Timur siap menanggulangi apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu ditegaskan Rocky, sapaan akrab Bupati Aceh Timur usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual di Aula Wira Satya Polres Aceh Timur bersama Forkopimda Aceh, Selasa (23/3/2021).

Rocky mengatakan, pihaknya bersama TNI (Kodim 0104 Atim) dan Polres Aceh Timur, BPBD, Dinas Kesehatan telah menyiapkan enam pos, 11 mobil pemadam kebakaran, lima mobil tangki air.

Selain itu, juga terdapat sejumlah kendaraan (sepeda motor) Dinas Bhabinkamtibmas yang dimodifikasi menjadi alat pemadam kebakaran.

“Kami siap siaga penuh dalam menanggulangi terjadinya karhutla di wilayah hukum Polres Aceh Timur,”kata Rocky.

Di antaranya kami membuat pos pos, juga mempersiapkan sarana dan prasana penanggulangan karhutla di beberapa wilayah yang rawan terjadi karhutla.

Termasuk memanfaatkan waduk yang berdekatan dengan lokasi rawan kebakaran, seperti waduk Jambo Aye dan waduk Jambo Reuhat.

Bencana kebakaran tentunya akan merugikan banyak pihak seperti asapnya membuat polusi udara, juga akan mengganggu aktivitas makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya, seperti satwa liar.

“Terlebih lagi hutan perlu dilestarikan karena hutan merupakan salah satu pusat penghasil oksigen serta tempat hidup dan berkembangnya hewan-hewan berada di daerah hutan tersebut,”pungkas Rocky.

Sebelumnya, Forkopimda Aceh Timur mengikuti Rapat Koordinasi tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) se-Provinsi Aceh bersama Forkopimda Aceh.

Rakor dipimpin langsung Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT, didampingi Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki dan Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil.

Dalam kegiatan Rakor tersebut, dibahas terkait penanganan Karhutla di Provinsi Aceh serta upaya-upaya yang akan ditempuh dalam penanganannya. (Mad)

Berita sebelumyaKapolda Sumut Dampingi Tiga Menteri Kunker ke Humbahas
Berita berikutnyaAmir Hamzah : Pimpinan SKPD Harus Mampu Bangun Komunikasi dan Koordinasi