Cari Dokumen Pencairan Kredit Rp 39,5 Miliar, Kejati Sumut Geledah Kantor BTN Cabang Medan

139
Penyidik Kejati Sumut saat melakukan penggeledahan. 
Penyidik Kejati Sumut saat melakukan penggeledahan. 

garudaonline – Medan | Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penggeledahan di Kantor PT Bank Tabungan Negara (BTN), Jalan Pemuda Medan, Rabu (30/6/2021). Penggeledahan itu untuk mencari dokumen pencairan kredit sebesar Rp 39,5 miliar.

Kepala Seksi Penyidikan (Kasidik) Kejati Sumut, Muhammad Junaidi melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum), Sumanggar Siagian mengatakan, bahwa penggeledahan dilakukan sejak jam 10 00 WIB hingga sore hari.

Hal itu dilakukan untuk mengusut kasus dugaan korupsi pada pemberian dan pelaksanaan fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) oleh PT BTN Cabang Medan selaku kepada PT Krisna Agung Yudha Abadi selaku debitur.

“Penggeledahan tersebut untuk mencari dokumen yang dibutuhkan oleh tim penyidik dalam menemukan alat bukti. Terkait dokumen yang disita, masih kita teliti,” katanya kepada wartawan.

Menurut Sumanggar, perkara ini masih dalam penyelidikan dan belum ada menetapkan tersangka. Pasalnya, penyidik masih menunggu perhitungan dari auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut untuk mengetahui seberapa besar kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi ini.

“Kasus ini berawal dari kredit macet sebesar Rp 17 miliar dari permohonan kredit Rp 39,5 miliar untuk pembangunan perumahan Takafuna di Helvetia. Diduga terjadi penyimpangan dalam pemberian kredit karena tidak sesuai ketentuan dan peruntukannya,” tandas mantan Kasi Pidum Kejari Binjai tersebut.

Kasus ini muncul atas temuan Kejatisu serta laporan masyarakat. Permohonan dan pencairan kredit dari tahun 2014 sampai 2017 sebesar Rp 39,5 miliar secara bertahap karena pembangunan rumah itu bertahap. Penggeledahan ini dikawal ketat oleh aparat kepolisian. (RD)

Berita sebelumyaDelapan Terdakwa Perampas Kemerdekaan Hingga Menyebabkan Kematian Divonis Berbeda
Berita berikutnyaSambut Hari Bhayangkara, Bupati Asahan Gowes Sehat Bersama Forkopimda