Dampak Cuaca Ekstrem, Jaringan Listrik di Pulau Nias Terganggu

384

garudaonline – Nias | Cuaca ekstrem dan angin kencang menyebabkan suplai listrik di beberapa wilayah di Pulau Nias terganggu mulai Jumat (5/11/2021) hingga kini. Saat ini baru 89 persen suplai listrik pelanggan dari total 120.502 pelanggan yang diperbaiki.

Berdasarkan laporan petugas lapangan, cuaca ekstrem berupa angin kencang menyebabkan beberapa jaringan tertimpa pohon mengakibatkan beberapa wilayah mengalami padam listrik pada Jumat (5/11) pukul 11.34 WIB.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias Hasudungan Siahaan mengatakan, petugas PLN mengutamakan keselamatan masyarakat dalam memulihkan suplai listrik beberapa titik di Pulau Nias.

Gangguan listrik terjadi akibat angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang dan gangguan listrik dengan beban padam sebesar 15.9 MW, sehingga Pembangkit PLTMG 5X5 MW, PLTD Gunungsitoli 6 MW, dan PLTD ASJ sewa 6 MW juga mengalami gangguan.

“Berdasarkan perkembangan terkini (pukul 18.23 WIB), PLN berhasil memulihkan 20 penyulang dari total 22 penyulang. Adapun, petugas juga berhasil memulihkan 88 persen gardu dari total 1.524 gardu yang terdampak,” katanya, Sabtu (6/11).

Berdasarkan penelurusan petugas PLN, setidaknya terdapat tiang tumbang dan konstruksi jaringan listrik rusak.

Hingga saat ini, petugas PLN masih melakukan perbaikan yang terdampak angin kencang. Akan tetapi, terlebih dahulu petugas menyisir pohon tumbang di daerah yang mengalami gangguan jaringan dan pemulihan secara bertahap.

“Kami mengimbau kepada masyarakat di tengah bahaya cuaca ekstrem untuk waspada. Bagi masyarakat yang melihat terdapat potensi bahaya ketenagalistrikan, diharapkan segera melapor ke PLN Mobile atau contact center PLN 123,” tambahnya. (Nor)

Berita sebelumyaHari Santri, Kepala DPD Aceh Selatan : “Semua Harus Pakai Kain Sarung”
Berita berikutnyaKAI Raih Predikat Diamond dalam The 3rd ASEAN PR Excellence Awards 2021