Dari Peringatan HPN 2022, Ketua PN Stabat: Tingkatkan Sinergi Menuju WBK dan WBBM

186
Ketua PN Stabat, As'ad Rahim Lubis, S.H., M.H

garudaonline – Langkat | Istilah Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) mungkin sudah tidak asing didengar. Namun, tahukah kita apa perbedaan dari ZI, WBK dan WBBM tersebut ?

Nah, sebelum menjawab, mari kita lihat latar belakang mengenai ZI, WBK dan WBBM. Dalam rangka tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), dilakukan reformasi birokrasi, yang apabila efektif akan mencapai salah satu tujuan untuk mengurangi dan akhirnya menghilangkan setiap penyalahgunaan kewenangan publik oleh pejabat di instansi yang bersangkutan.

Reformasi birokrasi juga telah menjadi salah satu aksi strategi pencegahan korupsi yang diatur berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Perpres Stranas PK).

Salah satu sub aksi pada sektor penegakan hukum dan Reformasi Birokrasi adalah tentang pembangunan Zona Integritas. Pembangunan ZI dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan yang berkualitas.

Dengan demikian pembangunan ZI menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan.

Dalam membangun ZI, pimpinan instansi pemerintah menetapkan satu atau beberapa unit kerja yang diusulkan sebagai WBK/WBBM.

Nah, terkait dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini, Ketua PN. Stabat, As’ad Rahim Lubis.SH. MH menegaskan, PN Stabat selalu menghormati kebebasan pers dan untuk itu PN. Stabat siap untuk bermitra dan bersinergi dengan pers. Penegasan itu disampaikannya kepada awak media, Rabu (9/2/2022).

“ Ya, wartawan itu kan rekan kita. Jadi, silahkan kalau ingin meliput di PN. Stabat dan silahkan kalau ingin melakukan konfirmasi,“ ujarnya.

Lebih lanjut ditegaskannya, media tetap dapat bersinergi dengan Pengadilan Negeri Stabat menuju WBK dan WBBM-nya Pengadilan Negeri Stabat.

(BD)

Berita sebelumyaTim Gabungan Polres Batu Bara Tangkap Bandar Sabu
Berita berikutnyaPeringatan HPN 2022 dan HUT ke-76 PWI Digelar Secara Sederhana