Deretan Penyakit Mengintai Pasca Lebaran

186
Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)

garudaonline – Medan l Masyarakat diminta agar tetap mewaspadai penyakit seperti hipertensi, kolesterol, ini karena gula tidak terkontrol. Penyakit tersebut muncul jika tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi di saat lebaran.

“Saat puasa gula darah terkontrol, tapi usai lebaran makanannya tidak terkendali akibatnya gula darahnya tidak terkontrol lagi jadi gula darahnya jadi naik,” kata Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan, dr.Ery Suhaymi, Sp.B, Minggu (16/5/2021).

Menurutnya untuk terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan, maka yang tau kesehatan tubuh seseorang itu adalah dirinya sendiri, jadi dirinya sendiri yang bisa mengontrolnya.

“Jangan terbawa hawa nafsu, begitu habis puasa kemudian di lebaran balas dendam semua dimakan, di situ nanti memicu hadirnya penyakit yang sebelumya terkontrol menjadi tidak terkontrol,” jelasnya.

khusus penyakit hipertensi makanan yang memicu meningkatkan tekanan darah itu biasanya yang mengandung garam yang tinggi. Jadi bagi penderita hipertensi harus dapat mengurangi makanan-makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi.

“Selain itu di tengah Pandemi Covid-19 ini sebaiknya masyarakat menjaga kesehatan, menjaga imunitas tubuh termasuk jangan lupa menjalankan prokes setiap menjalankan aktivitas. Prokes tetap dijalankan walaupun bersilaturahmi dengan,” bebernya. (NOR)

Berita sebelumyaBasarnas Evakuasi 7 Wisatawan yang Hilang di Air Terjun Dwi Warna
Berita berikutnyaPukuli dan Siram Petugas Pakai Air Cabai 5 Tahanan BNNP Sumut Kabur