Dorong Pemulihan Ekonomi, BI Gelar Karya Kreatif Sumatera Utara 2021

174
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo

garudaonline – Medan | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) menggelar event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2021. Kegiatan ini guna mendukung pemulihan ekonomi melalui sinergi berbagai pihak dengan mendorong kemajuan UMKM.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo mengatakan kegiatan ini digelar selama empat hari mulai 16 hingga 19 September 2021 digelar secara virtual.

“Kita terus mengakselerasi pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Sumatera Utara dengan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi covid-19, baik pelaku usaha konvensional maupun pelaku usaha syariah,” katanya di sela pembukaan KKSU 2021 bertema “Bersinergi Membangun Negeri, “UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh”, Jumat (17/9/2021).

Selain itu, tambah Soekowardojo, Sumut juga berupaya agar pelaku usaha beradaptasi menuju kehidupan normal baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital.

“Tujuan KKSU 2021 ini adalah untuk meningkatkan edukasi, literasi, awareness, dan sinergi dalam mendukung program pengembangan UMKM. Serta sebagai ajang promosi produk, mendorong digitalisasi UMKM, perluasan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM menuju pemulihan ekonomi secara berkelanjutan,” ujarnya.

Soekowardojo berharap penyelenggaraan KKSU 2021 pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara ke arah yang lebih baik.

Berdasarkan hasil rilis PDRB periode triwulan II tahun 2 pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Sumatera Utara untuk triwulan II tahun 2021 mencatatkan angka positif masing-masing sebesar 7,07% dan 4,95% yoy. Pertumbuhan PDRB yang positif ini sebagai momentum proses recovery ekonomi kedepan, setelah pada empat triwulanan sebelumnya selalu mencatat kontraksi ekonomi.

Momentum pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara didorong oleh berbagai sumber pertumbuhan ekonomi terutama ekspor, konsumsi, belanja pemerintah dan investasi serta dari berbagai lapangan usaha.

Salah satu kinerja lapangan usaha dengan kontribusi besar dan pertumbuhan tertinggi berasal dari sektor perdagangan, 6,9% untuk
Sumatera Utara.

“Kita berharap momentum ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak agar proses recovery dan pertumbuhan ekonomi
dapat berjalan secara berkelanjutan,” tuturnya.

BI Sumut bersama stakeholder terkait terus berupaya mengakselerasi kebangkitan UMKM guna memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi
di era digital, mendorong transformasi UMKM di bidang digitalisasi baik dari sisi produksi, pemasaran, pembiayaan, maupun pembayaran. Selain itu, pengembangan UMKM juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan interaksi merchant-platform- consumer.

“Kegiatan ini juga mendorong penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) yang mendukung transaksi lebih cepat dan efisien. Seluruh Wirausaha Unggulan binaan KPw BI Sumut menerapkan alternatif metode pembayaran menggunakan QRIS,” kata dia.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi nyata untuk mempromosikan produk lokal dalam mengajak masyarakat menggunakan produk anak bangsa. Dengan begitu dapat membantu kemajuan UMKM yang ada di Sumut.

Sementara itu, Teten Masduki optimis, KKSU 2021 dapat mendorong pelaku UMKM bertansformasi sehingga dapat mendongkrak produk di Sumut.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal sehingga ekonomi UMKM dapat bertumbuh dan membantu perekonomian nasional. Produk lokal juga tidak kalah dengan produk luar negeri, keren-keren dan berkualitas,” tuturnya

Dalam kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi BI Sumut yang telah menjadi inisiator dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“KKSU 2021 harus didukung karena dapat membangkitkan sektor ekonomi pelaku ekonomi kreatif di masa yang sulit di tengah pandemi Covid-19. Diharapkan, kegiatan ini memberikan peningkatan kreativitas dalam memajukan produk-produk lokal,” pungkasnya.

Hadir pada pembukaan KKSU 2021 secara virtual diantaranya, Anggota Komisi XI DPR RI, Hidayatullah, Sihar Sitorus, Gus Irawan Pasaribu, Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan lainnya.

(Nor)

Berita sebelumyaJatim Satu-satunya Provinsi di Indonesia Capai Level 1 Penanganan Covid-19
Berita berikutnyaKI Sumut Minta Kapolrestabes Medan Buka Informasi Kasus 4 Mobil Mewah CC Konsul Rusia