DPP Sahkan Kepengurusan DPD PAN Tapsel, Effan Zulfikar : H Borkat SSos MM Luar Biasa

934
Ketua DPD PAN Tapsel, Borkat SSos MM yang juga Wakil Ketua DPRD Tapsel saat memimpin rapat di gedung dewan

garudonline-Medan | DPP PAN melalui Surat Keputusan (SK) Nomor : PAN/A/Kpts/KU-SJ/2/IV/2021 ditandatangani Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekjen Eddy Soeparno, mengesahkan susunan pengurus DPP PAN Tapanuli Selatan periode 2020-2025.

Di dalam SK tersebut, H Borkat SSos MM kembali ditetapkan sebagai Ketua DPD PAN Tapsel untuk periode ketiga. Sedangkan, Sekretaris H Buyung M Holil ST dan Bendahara
Turmiji Harahap ST.

Unsur wakil ketua Sawal Pane SE MSi, H Mahmud Lubis SAg, Harry Siregar, Rahmad Saleh Harahap SE, Sylvan Racman Amin Siregar, Herman Pelangi MPd, Herawaty Siregar,
Indera Sakti Lubis SE, Suyatmo Siregar SE, Hendro Tambunan, dan Ahmad Rivai Matondang SH.

Sedangkan, Dewan Kehormatan Partai diketuai H Aswin Harahap, Ketua Dewan Pakar H Basyrah Batubara, Ketua Majelis Penasihat Partai H Jean Forma Siagian.

Luar Biasa

Dosen Fisip dan Kepala Pusat Studi Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) Drs Effan Zulfikar MSi, yang juga mantan Wakil
Rektor UMTS dalam testimoninya menyebut, Borkat sebagai sosok luar biasa.

“Saya mengenal saudara Borkat saat dia menjadi mahasiswa saya di UMTS pada 1992 lalu, selanjutnya dia menjadi deklarator PAN di Tapanuli Selatan,” kata Effan, yang
juga mantan anggota KPU Padang Sidimpuan.

Effan mengatakan, jika dilihat dari perjalanan karier Borkat di PAN, yang membuatnya menjadi Ketua DPD PAN Tapsel selama tiga periode, hal itu tiada lain karena
keberhasilannya dalam meningkatkan raihan kursi PAN di DPRD Tapsel.

“Saya melihat saudara Borkat memiliki kapasitas dan memang sudah terbukti berhasil dalam memimpin DPD PAN Tapsel. Tolok ukur keberhasilan itu adalah terjadinya
peningkatan kursi dari Pemilu ke Pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Dosen IAIN Padang Sidimpuan yang juga Wakil Ketua PD Muhammadiyah Tapsel, Dr Lazuardi MAg menyampaikan selamat kepada Borkat yang kembali diberi amanah sebagai Ketua DPD PAN Tapsel untuk ketiga kalinya.

“Salut kepada saudara Borkat yang sukses mencatat hetrik dalam memimpin PAN Tapsel,” kata Lazuardi yang menyatakan mengenal sosok Borkat sebagai pribadi yang religius
dan humoris.

Sebagai sahabat, Lazuardi meminta Borkat agar terus berbuat yang terbaik untuk anak negeri dan mampu membangun sinergitas dengan berbagai pihak, utamanya dengan ormas Islam, termasuk dengan persyarikatan Muhammadiyah.

Terkait dengan pengesahan serta amanah yang kembali diberikan kepadanya memimpin DPD PAN Tapsel, Borkat menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan dan segenap jajaran pengurus DPP.

“Insyah Allah amanah yang diberikan ini, akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya dan akan berupaya terus berbuat yang terbaik untuk rakyat sekaligus bertekad meningkatkan perolehan kursi PAN di DPRD Tapsel,” ujarnya.

Borkat, lahir 4 Oktober 1970. Menyelesaikan S1 di UMTS pada 1995. Program S2 Ilmu Pemerintahan Fisip UISU Prodi Manajemen, Konsentrasi Manajemen SDM diselesaikan 2012.

Suami Hj Marito Yani Batubara sudah aktif di awal berdirinya PAN pada 1998 dan termasuk sebagai inisiator dan deklarator berdirinya PAN di Tapanuli selatan.

Periode pertama 1999 s.d 2000 duduk sebagai Wakil Sekretaris DPD PAN Tapsel. Periode 2000 sd 2005 sebagai Ketua Bidang Pemilu DPD PAN Tapsel. Periode 2005 s.d 2010 sebagai Sekretaris DPD PAN Tapsel.

Pada periode ini kursi PAN di DPRD Tapsel hanya 2 kursi hasil Pemilu 2009, dan Borkat dipercaya menjadi Ketua Fraksi Gabungan setelah bergabung dengan partai lain.

Periode 2010 s.d 2015 terpilih sebagai Ketua DPD PAN Tapsel dan jumlah kursi hasil Pemilu 2014 naik menjadi 3 kursi, dari sebelumnya 2 kursi. Saat itu Borkat nyaleg untuk provinsi, tapi belum beruntung.

Pada periode ini Borkat juga didaulat partai untuk ikut mencalonkan pada Pilkada Tapsel sebagai calon wakil bupati berpasangan dengan Ir Aldinz Rapolo Siregar.

Periode 2015 s.d 2020 dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPD PAN Tapsel, Borkat berhasil meningkatkan raihan kursi secara signifikan pada Pileg 2019, dari 3 kursi menjadi 5 kursi, dan mengantarkan Borkat menjadi salah satu pimpinan di DPRD Tapsel.(UJ)

Berita sebelumyaApril Sampai Juni 2021, 11 Oknum Polri Jadi Tersangka Narkoba
Berita berikutnyaDirjen Pol & PUM Buka Acara “Indonesia Maju Virtual Expo dan Forum 2021