Drs Syahrizal MZ : Tuan Syekh Arsyad Thalib Lubis Wajar Dapatkan Gelar Pahlawan Nasional

189
Ketua terpilih PD Alwashliyah Langkat, Drs Syahrizal MZ

garudaonline-Langkat | Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis sebagai tokoh yang membidani lahirnya Al Jam’iyatul Washliyah pada 30 November 1930, yang saat itu Indonesia masih dalam suasana kolonial Belanda, wajar dan pantas mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Hal itu ditegaskan Ketua PD Alwashliyah Kabupaten Langkat, Drs Syahrizal MZ, yang terpilih secara aklamasi pada Musda IX Alwashliyah Langkat, kepada garudaonline, Rabu (7/4/2021) di Stabat.

Lebih jauh dijelaskan Syahrizal, Tuan Syekh Arsyad Thalib Lubis tidak hanya sebagai penggagas lahirnya Al Washliyah, tapi Buya juga ikut berjuang di Sumatera Utara pada masa penjajahan waktu itu melalui dakwah.

Karenanya, lanjut Syahrizal yang akrab disapa ayahanda itu, Tuan Syekh Arsyad Thalib Lubis lahir di Stabat 10 Oktober 1908 dengan segala daya dan upaya berjuang melalui organisasi yang dibentuknya bersama mujahid lainnya, berhasil menghantarkan Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan yang diproklamirkan 17 Agustus 1945.

Terkait hal itu, Syahrizal menyampaikan terima kasih kepada Bupati Langkat Terbit Rencana PA, yang memberikan dukungan penuh di hadapan peserta Musda IX Al Washliyah dan Forkopimda, atas permohonan Pengurus Wilayah Al Washliyah Sumatera Utara, untuk menabalkan nama Tuan Syekh Arsyad Thalib Lubis menjadi nama sebuah Jalan di Stabat.

Syahrizal menyebutkan, Al Washliyah pada 2021 ini mendapat keberuntungan, karena Langkat saat dipimpin Terbit Rencana PA dengan keikhlasan hati pribadi pak bupati menjadi Anggota Kehormatan Al Jam’iyatul Washliyah Kabupaten Langkat.

“Dengan bertambahnya warga Al Washliyah, dipastikan hal ini akan menambah energi dan motivasi bagi pengurus Al Washliyah Kabupaten Langkat ke depan,” tegas Syahrizal.

Untuk itu, lanjut Syahrizal, yang diamanahkan menakhodai perahu Al Washliyah Langkat akan menyusun program kerja bersinergi dengan program yang telah ditetapkan Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan visi dan misi mereka.

Di samping itu, tambah Syahrizal, PD Alwashliyah Langkat juga akan menyinergikan program-program lain dengan Pemerintah Kabupaten Langkat.

“Penajaman program kerja akan dibahas pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Alwashliyah Langkat ke depan dengan skala jangka pendek, menengah dan jangka panjang,” ujarnya.(SLM)

Berita sebelumyaKondisi Masyarakat Adat di Sumut Terus Terancam
Berita berikutnyaDidampingi Kapolri Panglima TNI Buka Latsitarda Nusantara ke-41