Dua Kurir Sabu asal Aceh Diadili di PN Medan

125
Suasana persidangan kasus narkoba

garudaonline – Medan | Dua terdakwa kasus dugaan kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 3.000 gram (3 kg) diadili secara virtual di Ruang Cakra IV Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (16/9/2021).

Keduanya adalah Muhammad Joni (33) warga Dusun Tcne Pi, Desa Meunasah Pantai Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara dan Irwan Sahputra (41) warga Jalan Syiah Kuala Dusun I Suak Ribee, Desa Suak Ribee, Kecamatan Medan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Patrecia Pasaribu, kedua terdakwa ditangkap oleh petugas Sat Narkoba Polrestabes Medan di Jalan Lintas Barat Sibolga Padang Sidempuan, Sabtu (10/4/2021) sekira jam 22.00 WIB.

Awalnya, terdakwa Muhammad Joni disuruh oleh Rusli (DPO) untuk mengantar sabu sebanyak 3 kg. Lalu, Joni mengajak Irwan Sahputra untuk melakukan pekerjaan tersebut dan disetujui.

“Setelah itu, kedua terdakwa pergi ke Jalan Gagak Hitam untuk mengambil satu unit mobil Toyota Inova B 2533 BFN sebagai alat transportasi. Pada Jumat tanggal 9 April 2021 sekira jam 18.00 wib, kedua terdakwa datang ke Jalan Bireun Aceh mengambil 3 bungkus plastik berisi sabu seberat 3 kg untuk diantar ke pemesanan,” ujar JPU.

Rencananya, kedua terdakwa akan mengantarkan sabu sebanyak 3 kg itu di ketiga provinsi. Sebanyak 1 kg ke Jambi, 1 kg ke Pekanbaru dan 1 kg lagi ke Padang.

Namun nahas, saat melintas di Jalan Lintas Barat Sibolga Padang Sidempuan, kedua terdakwa ditangkap oleh petugas kepolisian. Ketika diinterogasi, kedua terdakwa akan mendapatkan upah sebesar Rp 10 juta untuk setiap kg sabu. Sehingga total upah seluruhnya sebesar Rp 30 juta.

“Perbuatan kedua terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” pungkas Patrecia di hadapan Hakim Ketua, Dominggus Silaban.

(RD)

Berita sebelumyaKejari Medan Terima Pelimpahan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Jual Vaksin Ilegal
Berita berikutnyaPresiden Jokowi Beri Pengarahan ke Forkopimda se-Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Sebagian Virtual