Emiliano Martinez Warisi Kehebatan Sergio Goycochea

205
Martinez tiga kali menggagalkan tendangan penalti pemain Kolombia

garudaonline-Medan | Penjaga gawang Argentina Emiliano Martinez tampil sebagai pahlawan keberhasilan Tim Tango melaju ke final Copa America 2021.

Lionel Messi dkk yang sebelumnya diperkirakan akan melaju mulus, ternyata mampu diimbangi Kolombia 1-1 hingga 90 menit pertandingan normal, Rabu (7/7) pagi.

Pada perhelatan Copa America tidak diberlakukan perpanjangan waktu, dan langsung lanjut dengan adu penalti.

Pada momen adu penalti inilah Martinez tampil gagah perkasa, dan mampu menggagalkan tiga tendangan penalti pemain Kolombia. Tak urung Martinez pun disambut bak pahlawan.

Kehebatan Martinez dalam menahan tendangan penalti ini mengingatkan kita kepada kiper legendaris Argentina Sergio Goycochea, yang dua kali menjadi pahlawan dalam adu penalti pada Piala Dunia 1990.

Padahal, posisi Goycochea kala itu hanyalah sebagai kiper cadangan pengganti kiper utama Nery Pumpido baik di River Plate dan di tim nasional Argentina.

Dia memperoleh kesempatan besar membuktikan kualitasnya saat Pumpido dilanda cedera pada pertandingan kedua babak grup melawan Uni Soviet.

Selanjutnya, Goycochea tampil sebagai pahlawan dalam adu penalti pada pertandingan babak perempat final melawan timnas Yugoslavia.

Selanjutnya pada pertandingan semifinal melawan Italia, ia kembali menggagalkan tendangan penalti Roberto Donadoni dan Aldo Serena, sehingga Argentina lolos ke partai final.

Sama seperti El Goyco, sosok Martinez selama ini juga tidak terlalu terkenal. Dia baru terpilih (20210 menjadi kiper utama menyisihkan Franco Armani dan Agustin Marchesin.

Tak heran, Martinez yang sudah berusia 28 tahun itu, baru enam kali menjadi penjaga gawang utama Argentina, utamanya di perhelatan Copa America tahun ini.

Kepercayaan yang diberikan pelatih Lionel Scaloni, akhirnya berbuah manis. Ternyata Scaloni tidak salah pilih.

Terbukti, mantan penjaga gawang Arsenal yang kini memperkuat Aston Villa ini kemudian tampil superior dan menyelamatkan Argentina dari ancaman mimpi buruk.

Kepiawaian Emiliano Martinez agaknya bisa disebut mewarisi dan sukses mengikuti jejak pendahulunya, Sergio Goycochea. Felicidades Martinez…!(UJ)

 

Berita sebelumyaBandara Kualanamu Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 Mulai Selasa
Berita berikutnyaPLN Bantu Perbaiki Instalasi Listrik Milik PT Aneka Gas Industri yang Padam