Gempa Magnitudo 3,4 Dirasakan di Padangsidimpuan

166

garudaonline – Medan | Gempa bumi magnitudo 3,4 mengguncang wilayah Padangsidimpuan dan sekitarnya, Selasa (18/5) pukul 05:40:09 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 1.53 LU, dan 99.24 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Daya Tapanuli Selatan-Sumut pada kedalaman 2 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Toru,” kata Kepala, BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Padangsidimpuan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 06:30 WIB, hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Masyarakat agar memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” paparnya.

(Nor)

Berita sebelumyaSaluran Lingkungan Tersumbat, Bireuen Menuju Kota Kumuh Sesak Sampah
Berita berikutnyaTransportasi Umum Sudah Boleh Beroperasi di Sumut, Asalkan…