Jadi Kurir Sabu 10 Kg, Tiga Pria Diadili

146
Para terdakwa saat menjalani sidang secara virtual

garudaonline – Medan | Tiga terdakwa yakni Junaidi Nasution alias Ade, Yudika Ramosta alias Golap dan Nasrun alias Nasrul diadili secara virtual di Ruang Cakra IX Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (12/8/2021).

Mereka didakwa telah menjadi kurir narkotika jenis sabu seberat 10.381 gram (10,381 kg).

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ramboo Loly Sinurat, pada Februari 2021, Junaidi yang berperan sebagai pengemudi disuruh oleh Yudika untuk mengambil sabu sebanyak 10 bungkus.

Sabu tersebut disimpan di dalam mobil warna putih yang terparkir di depan sebuah warung Ayam Penyet kawasan Ringroad Sunggal Kota Medan. “Untuk mengantarkan sabu itu, Junaidi dijanjikan upah Rp 100.000.000 yang akan dibagi dua dengan Yudika,” ujar JPU.

Sesampainya di lokasi tersebut, Junaidi mengambil kunci mobil di kaca spion dan membawa mobil warna putih ke kosnya, Jalan Ngumban Surbakti Gang Sadanioga Nomor 22 Kelurahan Kuala Bekala Kecamatan Medan Johor.

“Lalu, Junaidi memindahkan 10 paket besar sabu seberat 10.381 gram yang dibungkus dengan bungkusan permen warna hijau dari mobil ke kamar kosnya,” cetus Ramboo.

Setelah memindahkan sabu tersebut, Junaidi mengembalikan mobil warna putih ke depan warung Ayam Penyet. Pada tanggal 3 Februari 2021, saat sedang menunggu Yudika di kos, Junaidi ditangkap oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Ketika dilakukan penggeledahan, petugas menemukan 10 paket besar sabu seberat 10.381 gram dari kamar kos Junaidi,” ucap JPU dari Kejari Medan tersebut. Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan serta menangkap kedua terdakwa lain yakni Yudika dan Nasrun.

Perbuatan ketiga terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Usai mendengarkan dakwaan, Hakim Ketua, Donal Panggabean menunda sidang hingga pekan depan.

(RD)

Berita sebelumyaPolda Jatim Ringkus Penembak Teknisi Internet di Bangkalan
Berita berikutnyaArus Kapal, Barang, dan Peti Kemas Pelindo 1 Alami Kenaikan