Jadi Kurir Sabu 4 Kg, Pria Paruh Baya asal Tanjung Pura Terancam Hukuman Mati

170

garudaonline – Medan | Hukuman pidana mati terancam diterima oleh seorang pria tamatan SMP bernama Sofyan alias Usup (58). Bagaimana tidak, warga Dusun I Melati Kelurahan Paya Perupuk Kecamatan Tanjung Pura ini didakwa telah menjadi kurir narkotika jenis sabu seberat 4 kg.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anwar Ketaren, pada Oktober 2020, terdakwa Sofyan alias Usup sedang berbincang dengan temannya bernama Sicor (DPO). Saat itu, Sicor memberikan pekerjaan mengantar sabu kepada terdakwa. Lalu, terdakwa menghubungi Imran alias IM untuk menemaninya mengantarkan barang haram tersebut.

“Selanjutnya, Sicor mengarahkan terdakwa dan Imran kalau ada kereta langsung ambil sabu. Tak lama, terdakwa menerima bungkusan berisi sabu dari seseorang yang mengendarai kereta. Kemudian, terdakwa bersama Imran memutar arah dan pergi menuju penyimpanan mobil. Imran menyimpan sabu tersebut ke dalam mobil,” ujar JPU dalam sidang virtual di Ruang Cakra III Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (3/3/2021).

Keesokan harinya, terdakwa dan Imran berangkat menuju Medan sambil membawa sabu seberat 4 kg. Sekitar jam 12.30 WIB, perbuatan terdakwa dan Imran telah diketahui oleh petugas kepolisian. Sehingga saat berada di Jalan SM Raja KM 12 Kecamatan Medan Amplas mobil yang digunakan terdakwa dan Imran dihentikan.

Setelah dihentikan, petugas menanyakan tentang keberadaan sabu yang dibawa mereka. Keduanya menjawab bahwa bungkusan sabu yang dibawa tersebut diletakkan di belakang. Kepada petugas, terdakwa dan Imran mengaku menerima sabu dari seseorang yang tidak diketahui namanya.

Sabu itu akan diantar kepada seseorang yang juga tidak diketahui namanya. “Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” pungkas Anwar Ketaren.

(rd)

Berita sebelumyaLSP Kemendagri Sertifikasi Jafung Pengawas Pemerintahan Ahli Utama
Berita berikutnyaIlhammuddin Didakwa Mengedarkan Ratusan Butir Pil Ekstasi