KAI-KPK Kerja Sama Perangi Korupsi

170

garudaonline – Bandung | PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menandatangani MoU terkait penanganan pengaduan tindak pidana korupsi melalui whistle-blowing system.

Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Deputi Bidang Informasi dan Data KPK Mochamad Hadiyana disaksikan oleh Ketua KPK Firli Bahuri serta Menteri BUMN Erick Thohir di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa, (2/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut terdapat 26 BUMN lain yang juga melakukan kerja sama serupa.

Kerja sama ini mencakup integrasi penanganan pengaduan melalui whistle-blowing system antara KPK dan KAI yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta menghindari adanya duplikasi pada penanganan pengaduan.

Baca Juga : Pelaku Begal Pasutri di Tunggurono Ditangkap Polres Binjai

Di samping itu, integrasi ini akan memudahkan koordinasi dan monitoring penanganan pengaduan antara KAI dan KPK.

“Sinergi dengan KPK ini merupakan langkah KAI dalam memerangi praktik-praktik tindak pidana korupsi yang berisiko terjadi di Perusahaan. Hal ini juga menunjukkan komitmen KAI sebagai perusahaan publik yang senantiasa mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance),” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Upaya KAI dalam pemberantasan tindak pidana korupsi diperkuat dengan telah didapatkannya sertifikasi SMAP SNI ISO 37001:2016 pada September 2020 lalu yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi Sucofindo dan TUV Nord Indonesia.

1
2
Berita sebelumyaBupati Bireuen : TMMD Wujud Nyata Sinergi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat
Berita berikutnyaTurnamen Bolakaki U-15 : PSLS Lancok Lolos ke Final